Kesetaraan Gender Jadi Salah Satu Strategi Penerapan LST Indosat Ooredoo Hutchison (IOH)

30 September 2022 21:30 WIB

Penulis: Feby Dwi Andrian

Editor: Yosi Winosa

Indosat (https://tri.co.id/image/files/20211229WEBBANNERPAGE1600x900px2BAHASA.jpg)

JAKARTA - Mendorong kesetaraan gender dan mengoptimalkan pengembangan talenta digital adalah rencana besar Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) untuk menerapkan environment, social, governance (ESG).

SVP-Head of Corporate Communications IOH, Steve Saerang menyampaikan, saat ini IOH memiliki beberapa sustainability program sebagai tanggung jawab sosial perusahaan.

"Kami punya beberapa program berkelanjutan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan di antaranya SheHacks dan IDCamp," ujar Steve kepada TrenAsia, Jumat, 30 September 2022.

Ia menambahkan, SheHacks adalah sebuah program inovasi untuk perempuan Indonesia yang menggunakan teknologi untuk menjawab tantangan ketidaksetaraan gender.

Lebih lanjut, Steve menegaskan bahwa SheHacks adalah bagian dari strategi berkelanjutan IOH di bawah pilar Pemberdayaan Perempuan.

"Kami juga berkomitmen untuk memberdayakan generasi muda Indonesia untuk menyalurkan bakat digital mereka dan mendukung Indonesia menjadi pusat kekuatan digital di Asia Pasifik," tambah Steve.

Steve mengaku IOH sudah memikirkan peluang tersebut dengan mendirikan Indosat Ooredoo Hutchison Digital Camp (IDCamp).

IDcamp ini nantinya akan memberikan beasiswa bagi developer muda dalam bentuk modul pembelajaran coding intensif agar bisa bersaing dengan talenta digital global.

Sampai saat ini, IDCamp telah memberikan manfaat kepada lebih dari 180.000 orang, termasuk di antaranya lebih dari 37.000 perempuan dan 2.200 orang dengan keterbatasan (disabilitas).

Aspek Lingkungan

Selain memberikan pelatihan bagi talenta digital, tak lupa IOH juga ikut serta dalam melestarikan lingkungan lewat program Sampah Jadi Pulsa.

"Program ini berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, dan Mall BTM Bogor yang berbagi misi untuk melestarikan lingkungan secara berkelanjutan," kata Steve.

Caranya, Steve menjabarkan, masyarakat bisa menukarkan botol plastik bekas dengan pulsa IM3 maupun Tri melalui Reverse Vending Machine (RVM) yang ada di Mall BTM Bogor.

Steve melanjutkan bahwa untuk melestarikan lingkungan tak hanya lewat program Sampah Jadi Pulsa saja, lebih jauh perusahaan juga terus berkontribusi untuk menurunkan konsumsi energi.

IOH saat ini telah menggunakan sistem pendingin dengan efisiensi tinggi dalam perluasan pusat data.

Pada tahun 2020, IOH sudah menurunkan banyak konsumsi energi untuk bagian pusat data dan akan dilanjutkan dengan peningkatan Power Usage Effectiveness (PUE) di 10 pusat data pada tahun 2021.

"Selaina adanya penurunan konsumsi energi, kami juga telah mengubah pendekatan penggunaan baterai melalui pemanfaatan baterai lithium untuk menggantikan baterai berbasis asam timbal," ungkap Steve.

Hasilnya Steve mengaku penggantian tersebut berhasil menurunkan tingkat polusi timbal dan pemborosan biaya, serta meningkatkan masa guna baterai, yang berkontribusi pada pelestarian lingkungan.

Produk yang Bertanggung Jawab

Adapun dalam hal transparansi info produk kepada konsumen, Steve mengungkapkan bahwa perusahaan selalu menyampaikan informasi yang akurat dan mudah dipahami.

Ia menambahkan karena hal tersebut sejalan dengan komitmen IOH untuk selalu patuh pada peraturan perundang-undangan dan standar yang berhubungan dengan komunikasi pemasaran, termasuk iklan, promosi, dan sponsor.

"Yang tak kalah penting adalah privasi pelanggan. Kami senantiasa melindungi kerahasiaan data dan profil pelanggan dengan cara memelihara jaringan dan pusat data yang terjaga keamanannya sebagaimana tercermin dalam sertifikasi system manajemen keamanan informasi (ISMS) ISO 27001," ucap Steve.

Lebih lanjut, Steve menambahkan bahwa untuk saat ini menerapkan ESG di lingkup perusahaan adalah hal yang tepat.

Ia menilai bahwa IOH telah menjadi perusahaan yang tidak hanya peduli pada kinerja keuangan tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan masyarakat.

"Kami selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa kami mematuhi standar etika tertinggi untuk memberikan produk dan layanan terbaik," pungkas Steve. 

Berita Terkait