Kesalahan Terbesar yang Sering Dilakukan Saat Traveling dan Cara Menghindarinya

20 Agustus 2021 16:07 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Kesalahan Terbesar yang Sering Dilakukan Saat Traveling dan Cara Menghindarinya

JAKARTA - Melakukan perjalanan atau traveling untuk liburan ternyata membutuhkan persiapan yang matang. Hal ini karena kita perlu membawa barang-barang penting yang menjadi kebutuhan pokok kita sehari-hari, seperti obat dan alat-alat kesehatan, dan sebagainya.

Tak jarang, karena terlalu ingin membawa berbagai macam barang dan pakaian, koper kita tak lagi muat untuk membawa hal-hal yang benar-benar penting. Oleh karena itu, simak beberapa kesalahan terbesar saat traveling dan cara menghindarinya.

1. Membawa Terlalu Banyak Barang

Mungkin Anda selalu tergoda untuk membawa banyak pakaian. Akan tetapi, hal tersebut justru menyulitkan Anda untuk mengangkut barang bawaan Anda, dan mungkin membuat Anda terkena biaya bagasi yang tinggi.

Untuk menghindarinya, Anda bisa mengurangi setengah pakaian yang telah Anda bawa sebelumnya. Hal ini karena Anda tidak akan memakai semua pakaian tersebut, dan Anda bisa mencucinya di perjalanan nanti.

2. Tidak Memeriksa Paket Ponsel Anda

Sebelum berangkat, penting untuk mengetahui apakah paket internet dan telepon di ponsel Anda bisa digunakan di area destinasi yang Anda tuju. Jika Anda bepergian ke luar negeri, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli paket internasional atau membeli kartu SIM lokal yang biasa dijual di bandara.

3. Membeli Tiket Penerbangan Secara Mendadak

Jika Anda ingin melakukan traveling atau perjalanan ke suatu daerah, pastikan untuk membeli tiket secara cermat dan tidak mendadak. Kondisi penerbangan juga tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, hindari terlambat datang ke bandara, karena justru akan menyulitkan rencana perjalanan Anda.

4. Tidak Membeli Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan memang kerap diabaikan oleh banyak orang. Akan tetapi, dengan membeli asuransi perjalanan, maka Anda akan mendapatkan refund jika ada pembatalan.

5. Tidak Menjaga Barang Berharga 

Anda perlu untuk selalu waspada dengan menjaga barang-barang berharga tetap aman. Hindari menggunakan uang tunai, barang elektronik atau barang berharga lainnya yang rawan dan mencolok perhatian para pencuri. Anda juga sebaiknya menghindari menempatkan barang-barang berharga di sisi paling luar tas.

Berita Terkait