Kerja Cerdas Minim Stres Bikin Bahagia, Hal Ini Bisa Anda Lakukan

22 Juni 2022 15:02 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Ananda Astri Dianka

Kerja Cerdas Minim Stres Bikin Bahagia, Hal Ini Bisa Anda Lakukan (TrenAsia)

JAKARTA - Stres menjadi cobaan tersendiri bagi para karyawan. Stres biasanya bisa berasal dari beban kerja, tekanan atasan, atau hal lain di luar dugaan.

Padahal, setiap orang memiliki kecenderungan akan keinginan menikmati pekerjaan tanpa rasa tertekan. Sayangnya, stres dan pekerjaan bagaikan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan.

Meski tak bisa hilang, Anda dapat melakukan kerja cerdas guna meminimalisir dampak stres yang terjadi saat melakukan pekerjaan. Berikut adalah tips kerja cerdas yang bisa diterapkan untuk mengurangi beban pikiran saat berkarya.

1. Buat perencanaan matang

Sebelum memulai pekerjaan, sebaiknya Anda buat perencanaan matang apa saja yang akan dilakukan pada pekerjaan. Tak hanya itu, menganalisa kemungkinan dampak yang akan terjadi juga rasanya penting untuk dilakukan.

Dengan berbekal perencanaan matang serta manajemen reski, Anda akan lebih siap secara mental menghadapi segala rintangan dan tekanan yang bakal terjadi. Hal ini tentunya akan membuat Anda merasa lebih baik karena tekanan terasa berkurang.

2. Berorientasi pada proses, bukan tujuan semata

Sebagai pekerja, target atau tujuan merupakan hal yang paling disorot. Namun ketahuilah, ada pelajaran yang dapat diambil dari proses yang Anda lalui guna mencapai tujuan.

Meski harus berorientasi pada proses, Anda jangan menyepelekan tujuan. Setidaknya dengan begitu, beban stres akan lebih berkurang.

3. Hindari multitasking yang berlebih.

Jadi sosok multitasking biasanya disenangi oleh atasan dan perusahaan. Namun hal ini bisa jadi pisau bermata dua yang memungkinkan membuatmu burn out.

Multiasking dalam bekerja boleh saja diterapkan, hanya saja jangan berlebihan. Selain membuat rekan kerja bergantung padamu, hal ini juga bisa memicu stres dan tekanan pada pekerjaan.

4. Bikin daftar kegiatan yang akan dilakukan dalam seminggu

Buatlah daftar pekerjaan dan jedwal yang kira-kira akan Anda jalankan dalam seminggu. Ini membantu anda menelaah situasi mayor terhadap pekerjaan yang akan Anda lakukan.

Sengan membuat daftar kegiatan dalam seminggu, hidup Anda akan lebih teratur sehingga bisa meminimalisir stres Anda.

5. Seimbangkan dengan istirahat yang cukup.

Setelah bekerja, beristirahatlah dengan cukup. Lepaskan pikiran Anda dari pekerjaan demi menghadapi hari esok yang baru. Selain meminimalisir stres, hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan Anda.

6. Sempatkan waktu untuk refreshing di akhir pekan

Setelah bekerja, sempatkanlah diri Anda melepaskan segala pikiran yang berkaitan dengan pekerjaan. Anda bisa merilekskan pikiran dengan melakukan berbagai hal yang Anda sukai seperti hobi.

Dengan melakukan refreshing di akhir pekan, stress akan berkurang dan pikiran akan menjadi lebih jernih. Alhasil, Anda bisa menghadapi hari baru dengan lebih bersemangat.  

Berita Terkait