Keren, Desa Wisata Sembilir Beri Manfaat 2.900 Kepala Keluarga

03 April 2021 16:21 WIB

Penulis: Reza Pahlevi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ketika melihat produk-produk buatan warga Desa Wisata Sembilir, Bawen, Jawa Tengah. (dok. Kemenparekraf)

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Desa Wisata Semilir, Bawen, Jawa Tengah yang mampu membuka lapangan kerja bagi 2.900 kepala keluarga di tengah kondisi pandemi.

“Apresiasi untuk Bupati dan masyarakat sekitar Desa Wisata Semilir yang mempekerjakan 280 karyawan, 400 UMKM, 1200 vendor ekonomi kreatif dengan total 2900 KK,” ujar Sandiaga dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu, 3 April 2021.

Dirinya juga menegaskan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin harus terus diterapkan di desa wisata yang luasnya mencapai 14 hektare tersebut.

Terkait larangan mudik, Sandiaga meyakini kebijakan tersebut justru akan menjadi peluang untuk pelaku usaha menciptakan produk-produk kreatif yang dapat dijual sebagai hantaran Lebaran melalui platform teknologi.

“Masyarakat yang ingin bersilaturahmi bisa mengirimkan paket atau parcelnya berisi beragam produk kuliner, fashion, hingga kerajinan ke kampung halaman lewat e-commerce yang telah bekerja sama dengan UMKM,” jelasnya.

Desa Sembilir menjadi desa wisata kedua yang didatangi Sandiaga dalam kunjungannya ke Jawa Tengah. Selain Sembilir, dirinya juga datang ke Desa Lerep di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Sandiaga optimistis desa wisata akan jadi pandemic winner dengan perubahan tren wisata pascapandemi. Desa Lerep dan Desa Sembilir diharapkan Kemenparekraf dapat menjadi contoh dalam pengembangan konsep tersebut ke depannya.

Berita Terkait