Keren! 4 Fakta Halte Integrasi Cakra Selaras Wahana (CSW) Jakarta

31 Desember 2021 07:28 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Sukirno

Halte CSW mengintegrasikan moda transportasi Transjakarta dan MRT Jakarta / Facebook @aniesbaswedan (@aniesbaswedan)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah membuka masa uji coba Halte Integrasi Cakra Selarasa Wahana (CSW) Jakarta untuk digunakan oleh masyarakat mulai 22 Desember 2021.

Halte integrasi ini dibangun sejak 2019 dengan memakai desain cakra berbentuk lingkar yang beralamat di Selong, Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Halte CSW menghubungkan Stasiun Moda Raya Terpadu (Mass Rapid Transit/MRT) ASEAN dengan halte Tansjakarta.

Dikutip dari keterangan resmi, Kamis, 30 Desember 2021, berikut 4 fakta mengenai halte integrasi Cakra Selaras Wahana sebagai salah satu halte integrasi terbesar di DKI Jakarta.

1. Menghubungkan 4 Halte Transjakarta

Halte Cakra Selaras Wahana dibuka agar memudahkan warga Ibu Kota Jakarta untuk tersambung dari Stasiun MRT dengan empat rute halte Transjakarta.

Empat rute halte yang terintegrasi tersebut yakni Cakra Selaras Wahana (CSW) 1, Cakra Selaras Wahana (CSW) 2, ASEAN dan Kejaksaan Agung.

2. Berprinsip Smart Mobility

Halte Cakra Selaras Wahana ini dibangun seiring dengan prinsip yang digaungkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun Ibu Kota Indonesia sebagai smart city.

Kehadiran Cakra Selaras Wahana ini sangat mendasari prinsip smart mobility yang menganut sistem transportasi ramah lingkungan dan berteknologi tinggi.

Hal itu dibuktikan dengan kemudahan dalam berpindah tempat ketika masyarakat Jakarta menggunakan transportasi umum baik dari stasiun maupun halte Transjakarta.

3. Halte Terbesar dan Tertinggi di Jakarta

Cakra Selaras Wahana ASEAN ini menjadi salah satu halte terbesar dan tertinggi di Jakarta dengan memiliki lima lantai.

Di lantai dua, bisa diakses jembatan yang menghubungkan Stasiun MRT ASEAN dengan tiga halte Transjakarta dan halte lainnya di lantai lima. Sedangkan di lantai dua dan tiga dipenuhi area komersial dan fasilitas yang menunjang bagi pengunjung salah satunya wifi gratis, musala, toilet dan charging station.

4. Halte Ramah Pengunjung

Halte integrasi Jakarta ini hadir untuk memudahkan masyarakt Jakarta agar lebih fleksibel memilih transportasi sesuai tujuannya dengan lebih efektif. Selain menjadi salah satu halte terbesar di Jakarta, Cakra Selaras Wahana ini sangat ramah untuk diakses orang tua, ibu menyusui dan disabilitas.

Hal itu didukung dengan adanya eskalator dan lift khusus untuk kaum disabilitas dan lansia yang  menggunakan transportasi umum di Jakarta.

Berita Terkait