Kerangka Dinosaurus Berusia 76 Juta Tahun ini akan Dilelang

11 Juli 2022 22:00 WIB

Penulis: Fadel Surur

Editor: Ananda Astri Dianka

Rumah lelang Sotheby's di New York, AS akan mengadakan pelelangan kerangka fosil dinosaurus Gorgosaurus pada akhir bulan Juli. (AP News)

NEW YORK – Fosil kerangka dinosaurus Gorgosaurus yang merupakan kerabat T. Rex berusia 76 juta tahun akan dilelang di New York, Amerika Serikat (AS).

Pengumuman ini disampaikan oleh rumah lelang Sotheby’s New York pada awal bulan Juli, seperti dikutip dari AP News.

Sotheby’s mengatakan bahwa Gorgosaurus akan menjadi sorotan dalam lelang sejarah alam pada 28 Juli mendatang. 

Menurut rumah lelang itu, kerangka Gorgosaurus akan menjadi satu-satunya specimen yang tersedia untuk kepemilikan pribadi.

Gorgosaurus adalah karnivora tingkat puncak yang hidup di bagian barat AS dan Kanada selama Periode Kapur akhir. Dinosaurus ini muncul sekitar 10 juta tahun lebih awal daripada kerabatnya T.rex. 

Fosil Gorgosaurus itu pertama kali ditemukan di Formasi Sungai Judith dekat Havre, Montana pada tahun 2018 lalu. Menurut keterangan, kerangka itu memiliki tinggi mencapai 3 meter dan panjang 6,7 meter.

“Selama karir saya, saya memiliki hak istimewa untuk menangani dan menjual banyak benda luar biasa dan unik, tetapi hanya sedikit yang memiliki kapasitas untuk menginspirasi keajaiban dan menangkap imajinasi seperti kerangka Gorgosaurus yang luar biasa ini,” ujar Cassandra Hatton, kepala sains dan budaya populer global Sotheby. 

Perkiraan harga pra-penjualan Sotheby untuk fosil tersebut berada di kisaran US$5 juta-US$8 juta atau setara Rp74,8 miliar-Rp119,7 miliar (asumsi kurs Rp14.968,20 per dolar AS).

Berita Terkait