Kepincut Perbankan Digital, Modalku dan Carro Suntik Modal Bank Index

27 April 2022 01:27 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Rizky C. Septania

CEO Modalku Reynold Wijaya (kiri) dan COO Modalku Iwan Kurniawan (kanan) / Dok. Modalku

JAKARTA - Platform financial technology (fintech) Modalku dari PT Mitrausaha Indonesia Grup mengumumkan investasi bersama marketplace mobil Carro di saham PT Bank Index Selindo. 

Investasi ini pun menandai masuknya Modalku ke industri perbankan digital. Co-founder dan CEO Modalku Reynold Wijaya mengatakan, kolaborasi bersama Bank Index dapat mendukung strategi bisnis Modalku Group untuk jangka waktu ke depan.

"Kami berencana untuk mendukung UMKM dengan lebih baik di lintas perbankan, pembayaran, pinjaman, dan layanan digital," ujar Reynold melalui keterangan tertulis, Selasa, 26 April 2022.

Berdasarkan survei Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) 2021, klaster bank digital memiliki potensi untuk tumbuh pesat di masa depan, khususnya bagi populasi unbanked dengan perkiraan peningkatan sebesar 51%.

Sementara itu, hasil survei Ernst & Young (EY) juga mencatat ketertarikan masyarakat Indonesia yang cukup tinggi terhadap layanan bank digital.

Berangkat dari hasil survei tersebut, grup Modalku pun memutuskan untuk berinvestasi di Bank Index dalam upayanya untuk memajukan industri fintech.

Pihak Modalku pun menilai Bank Index telah mengukir jejak nasional yang cukup kuat, terbukti dengan tersebarnya 52 jaringan kantor di area komersial utama seperti Jabodetabek, Jawa, Sumatra, Bali, dan Batam.

CEO Carro Indonesia Jeremy Ong mengatakan, rencana Bank Index di industri fintech cukup sejalan dengan visi Carro dalam membangun kapabilitas dan infrastruktur pelayanan di seluruh ekosistem otomotif, baik dalam pembelian, pembiayaan UMKM, asuransi, dll.

"Kami sangat percaya dengan nilai kerja sama ini dan bersemangat untuk menjadi bagian dari perjalanan ini ke depan," kata Jeremy.

Sementara itu, Presiden Direktur Bank Index Gimin Sumalim menyampaikan, investasi dari Modalku dan Carro menjadi acuan bagi pihaknya untuk terus melakukan transformasi digital secara komprehensif.

Sebagai informasi, Modalku adalah platform fintech lending yang sudah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019.

Lewat platform Modalku, pelaku UMKM bisa memperoleh pinjaman modal usaha hingga Rp2 miliar dari para pemberi pinjaman (lender). Sejauh ini, Modalku telah menyalurkan pinjaman senilai Rp33,02 triliun melalui lebih dari 5 juta transaksi.

Sementara itu, Carro yang dikelola PT Sahabat Mobil Nusantara adalah pasar mobil di Asia Tenggara yang mengubah cara tradisional dalam transaksi jual-beli melalui algoritma penetapan harga.

Kemudian, Bank Index adalah Bank Umum Swasta Nasional (BUSN) yang sudah berdiri sejak tahun 1992.

Dalam strategi pengembangan jaringan kantornya, Bank Index memprioritaskan perluasan pangsa pasar pada segmen usaha kecil dan menengah (UKM) serta membangun kerja sama dengan lembaga-lembaga keuangan yang lainnya seperti Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan perusahaan multifinance.

Berita Terkait