Kenali Formula Copywriting 4U, Bikin Konten Kian Menarik!

24 Januari 2023 19:15 WIB

Penulis: Muhammad Farhan Syah

Editor: Yosi Winosa

laptop macbook (istimewa)

JAKARTA - Terdapat berbagai macam teknik copywriting yang dapat digunakan untuk membuat konten yang diproduksi oleh seorang blogger menjadi lebih menarik. Salah satu teknik tersebut misalnya adalah formula 4U yang dicetuskan Michael Masterson.

Formula 4U pada dasarnya merupakan beberapa elemen yang dapat dijadikan fokus dalam sebuah proses copywriting. Formula 4U tersebut terdiri dari useful, uniqe, urgent serta ultra-specific, atau berarti berguna, unik, penting dan spesifik.

Michael Masterson percaya bahwa sebuah konten harus menonjolkan elemen-elemen tersebut untuk menarik minat konsumen. Berikut tips agar sebuah konten tulisan yang kamu buat mengandung formula tersebut.

1. Kegunaan
Dalam sebuah konten tulisan yang dibuat, aspek kegunaan menjadi faktor penting dari sebuah konten yang kamu buat. Kamu harus memikirkan kenapa para pengunjung perlu melihat atau bahkan menggunakan produk barang dan jasa yang disampaikan dalam sebuah narasi copywriting yang dibuat.

2. Unik
Setelah menyampaikan fungsi dan kegunaan sebuah produk dalam tulisan copywriting secara lugas dan sederhana, kamu juga perlu memberikan gambaran yang berbeda dan unik pada sebuah produk atau jasa yang ditawarkan melalui narasi copywriting.

Narasi copywriting yang unik tentu akan lebih menarik dan menjadi perhatian tersendiri bagi para target audience yang kamu tuju.

3. Penting
Kamu juga harus memberikan kesan urgent atau penting dalam narasi copwriting yang dibuat. Memberikan kesan urgent pada narasi copywriting tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesan bahwa konten yang kamu tawarkan itu memang penting dan dibutuhkan olehnya.

4. Spesifik
Memberikan informasi secara detil dan spesifik dalam narasi copywriting akan meningkatkan kepercayaan para calon konsumen terhadap sebuah konten yang dibaut. Tuangkanlah informasi mengenai produk secara rinci namun tetap sederhana.

Beberapa poin di atas adalah tips melakukan copywriting menggunakan teknik formula 4U. Yuk terapkan formula 4U agar konten yang kamu buat dapat menarik perhatian khalayak.

Berita Terkait