Kementerian PUPR Kebut Infrastruktur untuk Kejar Kelayakan Investasi

28 Juli 2021 13:28 WIB

Penulis: Ismail Pohan

Editor: Ismail Pohan

Kendaraan melintas di sekitar proyek lintasan light rail transit (LRT) di Jakarta, Rabu, 28 Juli 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan pembangunan infrastruktur untuk mengejar kelayakan investasi dan indeks daya saing infrastruktur di dalam negeri. Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian, baik secara nasional maupun regional.

Dari data Indeks Daya Saing Global (Global Competitiveness Index/GCI), dalam beberapa tahun terakhir Indonesia mengalami kenaikan peringkat dari 47 pada 2017 menjadi 45 di 2018. Akan tetapi, pada 2019 peringkat Indonesia kembali merosot menjadi 50 karena turunnya kapasitas adopsi teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) yang cukup drastis.

Saat ini, Indonesia telah menghasilkan infrastruktur dengan konektivitas yang memberikan manfaat besar bagi perekonomian nasional dan menstimulasi pembangunan daerah. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

Berita Terkait