Kemenhub Resmi Batalkan Program Mudik Gratis Lebaran 2020

Program mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran 2020 resmi dibatalkan akibat adanya wabah virus corona (Covid-19).

Kebijakan ini ditempuh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat setelah mempertimbangkan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Covid-19. Keadaan tersebut bakal berlaku selama 91 hari, terhitung sejak tanggal 29 Februari hingga 29 Mei 2020 mendatang.

“Oleh karena itu, saya harap masyarakat pun dapat mengerti dan mematuhi apa yang sedang dilakukan pemerintah. Saat ini kami juga aktif mendorong masyarakat untuk tidak mudik, meminimalisir mobilisasi agar tidak memperluas kemungkinan penularan Covid-19,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

Program mudik yang dihapuskan mencangkup seluruh moda transportasi, baik mudik gratis dengan bus maupun kapal penyeberangan.

“Karena kita tahu dengan mudik, artinya ada arus orang banyak yang akan melakukan perjalanan. Ini tentu berbahaya dan berisiko tinggi jika tetap dilakukan,” ujarnya.

Sementara itu, Budi berharap, masyarakat turut berperan dalam langkah ini, yakni dengan tidak melakukan mudik pada saat libur lebaran nanti.

“Mudik ini melibatkan banyak massa, berpotensi menjadi titik penyebaran virus tersebut, yang mudik bepergian ke daerahnya masing-masing akan berpotensi membuat wilayah persebaran Covid-19 semakin luas,” tegasnya.

Padahal sebelumnya, Ditjen Perhubungan Darat sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp34,48 miliar pada mudik gratis kali ini, atau lebih besar 6% dibandingkan dengan mudik gratis tahun lalu yang sebesar Rp32,45 miliar.

Sementara, total bus yang digunakan yakni 1.317 bus dengan 1.117 unit bus pariwisata yang mampu mengangkut 50.625 penumpang dan 200 unit bus AKAP yang dapat mengangkut 900 penumpang.

Kemenhub juga sudah menyediakan 111 truk yang digunakan mengangkut sepeda motor para pemudik yang mampu menampung 4.995 unit sepeda motor yang meinghat hingga 62% dari 2019 lalu. (SKO)

Tags:
Corona VirusCovid-19Direktorat Jenderal Perhubungan DaratHeadlinekemenhubmudikMudik gratis 2020Mudik Lebaran
%d blogger menyukai ini: