Kemegahan Masjid At Thohir, Ikon Baru Destinasi Wisata Religi Indonesia di Depok

10 Maret 2022 09:15 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Fakhri Rezy

Presiden Joko Widodo berkeliling usai meresmikan Masjid At-Thohir yang terletak di kawasan Podomoro Golf View (PGV) daerah Tapos, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, pada Rabu (9/3/2022). Foto: Biro Pers Istana (null)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah meresmikan Masjid At-Thohir di daerah Tapos kota Depok. Masjid megah yang didominasi warna putih ini akan menjadi ikon baru destinasi wisata religi di Indonesia.

Mengutip siaran pers Sekretariat Presiden, selain sebagai tempat ibadah umat islam, kehadiran masjid ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman.

“Menjadi pusat dakwah yang modern, yang mencerdaskan, yang mencerahkan, dan tempat yang teduh untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi, mempererat persaudaraan antarsesama umat manusia, dan berkontribusi untuk membangun peradaban Indonesia yang lebih baik,” ujar Jokowi saat melakukan peresmian di Depok (9/3/2022).

Jokowi juga berpesan agar Masjid At-Thohir bisa menjadi simpul dalam memperkuat toleransi, memperkuat moderasi beragama, sehingga dapat menjadi rujukan dan inspirasi bagi kemajuan bangsa, serta menunjukkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Dijelaskan Jokowi, keindahan dari arsitektur masjid tersebut mengingatkan arti penting keluarga dalam syiar Islam. Masjid dengan desain harmonis tersebut, lanjut Presiden, juga mengingatkan pentingnya arti keluarga dalam membentuk karakter Islami.

“Pesan penting tersebut tergambar sangat jelas melalui, tadi yang disampaikan oleh Pak Boy, kubah besar bagian paling atas atau kepala bangunan yang dikelilingi oleh tiga kubah berukuran sedang dan kecil, dan didesain sangat harmonis, sangat hangat, dan sangat indah,” tambahnya.

Masjid At-Thohir yang dirancang dengan gaya arsitektur klasik modern dibangun di atas lahan seluas 2,8 hektare. Masjid bernuansa putih ini memiliki kapasitas 1.976 orang di area dalam masjid dan 1.395 di fasilitas pendukung plaza serbaguna.

Dalam laporannya, Ketua Yayasan Mochamad Thohir, Garibaldi Thohir mengatakan bahwa pembangunan masjid ini merupakan wujud nyata bakti anak kepada orang tua. Garibaldi pun berharap keberadaan Masjid At-Thohir dapat bermanfaat dalam memakmurkan masyarakat luas seperti pesan mendiang Mochamad Thohir.

“Kami sangat berharap agar Masjid At-Thohir ini akan memberi peran penting dan bermanfaat luas, dan juga bisa memakmurkan masyarakat luas seperti pesan almarhum kepada kami,” ucap Boy.

Kebanggaan Baru Penghuni Kawasan PGV

Presiden Joko Widodo meresmikan Masjid At-Thohir yang terletak di kawasan Podomoro Golf View (PGV) daerah Tapos, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, pada Rabu (9/3/2022). Foto: Biro Pers Istana 

Kini penghuni Podomoro Golf View (PGV) punya kebanggaan baru. Hadirnya masjid di kawasan properti ini akan melengkapi fasilitas di PGV terutama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beribadah. Kemegahan masjid At Thohir akan menjadi destinasi wisata religi dengan daya tarik yang kuat, tidak hanya masyarakat di wilayah Depok dan Bogor namun masyarakat Indonesia secara luas.

Marketing Director Agung Podomoro Agung Wirajaya mengatakan Podomoro Golf View sebagai bagian dari Agung Podomoro sangat bersyukur menjadi bagian dari masjid At Thohir yang dibangun di kawasan eksklusif seluas 60 hektar. “Kawasan yang baik sejatinya dilengkapi dengan tempat peribadatan yang memberikan kenyamanan dalam beribadah. Sarana peribadatan yang mumpuni akan menjadi magnet baru untuk masyarakat dalam menjalankan aktivitas religi,” kata Agung saat dihubungi wartawan (10/4)

Kehadiran Masjid At Thohir ini melengkapi Podomoro Golf View sebagai kawasan dengan konsep one stop living hunian terpadu dengan bangunan superblok di mana penghuninya dapat melakukan semua aktivitas di kawasan yang sama.

“Kami meyakini kehadiran masjid At Thohir akan menciptakan pengalaman terbaik bagi penghuni wilayah Podomoro Golf View. Keberadaan masjid akan memudahkan penghuni dalam mengakses tempat beribadah tanpa harus keluar kawasan, demikian juga sebaliknya masyarakat sekitar di luar kawasan Podomoro Golf View juga dapat beribadah di sini,” kata Agung.  

Kehadiran fasilitas ibadah di tengah kehidupan masyarakat modern dan heterogen tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga bisa difungsikan sebagai sarana edukasi untuk memperkuat struktur sosial di masyarakat. “Penghuni juga bisa memanfaatkan Masjid At-Thohir sebagai lokasi bermusyawarah demi kepentingan bersama seperti urusan sosial, kesehatan, dan ekonomi,” jelas Agung.

Podomoro Golf View yang merupakan kawasan prestisius milik Agung Podomoro pengembang terdepan, terintegrasi dan tepercaya ini telah menjual sebanyak 4400 unit apartemen dan empat cluster landed housing dan sold out. Rencananya dalam bulan Maret ini PGV juga akan memperkenalkan klaster terbaru yang super ekslusif di kawasan tersebut.

Pada akhirnya PGV akan menjadi pelopor kawasan strategis masa depan yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Berita Terkait