Kekhawatiran Tapering Mulai Pudar Bikin IHSG Semringah, Simak Saham Pilihan MNC Hari Ini

30 Agustus 2021 09:11 WIB

Penulis: Drean Muhyil Ihsan

Editor: Amirudin Zuhri

Karyawan melintas dengan latar belakang layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jum’at, 6 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan mengalami bullish pada perdagangan Senin, 30 Agustus 2021. Sejumlah sentimen dari dalam dan luar negeri disinyalir akan memengaruhi pergeerakan indeks pada awal pekan ini.

Pengamat Pasar Modal MNC Asset Management, Edwin Sebayang menyebut, indeks DJIA dan EIDO masing-masing menguat 0,69% dan 1,70% setelah hasil Simposium The Fed di Jackson Hole yang mengindikasikan tidak akan dinaikkannya Fed Rate di tahun ini.

Selain itu, sebanyak 50% probabilitas bond-buying program akan dikurangi. Sedangkan, beberapa harga komoditas seperti minyak, emas, batu bara, nikel, timah menguat. Di sisi lain, yield obligasi tenor 10 tahun baik obligasi Amerika Serikat semakin turun.

“Hal-hal ini yang membuat kemungkinan besar bagi IHSG   menguat dalam perdagangan hari ini,” ujarnya melalu riset harian yang diterima TrenAsia.com, Senin, 30 Agustus 2021.

Secara teknikal, indeks komposit akan berada pada rentang support resistance 6.022 hingga 6.113. Sementara itu, Edwin memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bakal berada pada kisaran Rp14.360 – Rp14.500.

Dengan gambaran tersebut, ia merekomendasikan sejumlah saham yang menurutnya layak untuk disimak dan dipertimbangkan investor. Di antaranya UNTR, EMTK, KLBF, AKRA, INCO, INDF, BBNI, INTP, BBTN, dan BUKA.

Sebelumnya, IHSG terkoreksi 0,28% menuju level 6.041,37 pada perdagangan Jumat, 27 Agustus 2021. Pada akhir pekan itu, saham DCII, SMMA, EMTK, BBNI, MEGA yang menjadi pemimpin penguatan tak mampu menahan indeks komposit di zona positif.

Berita Terkait