Kejar Setoran Kredit, Bank KB Bukopin Rilis Obligasi Jumbo Rp2 Triliun

13 Agustus 2021 11:05 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Sukirno

Logo PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) / Dok. KB Bukopin (Bukopin.co.id)

JAKARTA – Untuk membiayai penyaluran kredit, PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) kembali mencari dana lewat penerbitan dua Obligasi Berkelanjutan I Bank KB Bukopin Tahun 2021 dan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi Subordinasi III dengan total nilai Rp4 triliun.

Dalam penerbitan kedua obligasi itu, perseroan akan menerbitkan PUB I tahap I tahun 2021 senilai Rp1 triliun. Kemudian, PUB III tahap I dengan nilai Rp1 triliun. Sehingga, total emisi obligasi dari dua seri ini mencapai Rp2 triliun.

Melansir prospektus yang diterbitkan Jumat 13 Agustus 2021, perseroan mengumumkan seluruh dana yang diperoleh akan digunakan untuk pengembangan pembiayaan. Terkhusus pada sekmen kredit UMKM, konsumer, KPR, dan kredit kepemilikan kendaraan bermotor. Selain itu, perseroan juga menggunakannya sebagai modal pelengkap serta memperkuat struktur pendanaan jangka panjang. 

Emiten yang kini dikuasi oleh KB Kookmin Bank asal Korea Selatan ini membagi masing-masing surat utang ke dalam dua seri, yakni seri A dan B. Seri A dengan jumlah pokok obligasi dan tingkat bunga tetap per tahun yang belum ditentukan. Adapun jangka waktu obligasi adalah tiga tahun sejak tanggal emisi. 

Pembayaran obligasi dilakukan secara penuh (bullet payment) sebesar 100% dari jumlah pokok obligasi seri A pada saat jatuh tempo yaitu pada 9 September 2024. 

Adapun Seri B, jumlah pokok obligasi dan tingkat bunga tetap per tahun juga belum ditentukan. Sementara jangka waktu obligasi adalah lima tahun sejak tanggal emisi. 

Pembayaran obligasi dilakukan secara penuh (bullet payment) sebesar 100% dari jumlah pokok obligasi seri A pada saat jatuh tempo yaitu pada 9 September 2026.

Diperkirakan masa penawaran umum kedua obligasi ini akan dilakukan pada 13-24 Agustus 2021. Sedangkan, tanggal penjatahan pada 7 September 2021, dan dicatat di PT Bursa Efek Indonesia pada 10 September 2021.

Dalam emisi obligasi ini, KB Bukopin mendapatkan peringkat dari PT Fitch Rating Indonesia pada level AAA. Sedangkan, untuk obligasi subordinasi, Fitch menyematkan peringkat AA (idn).

Bertindak selaku penjamin pelaksana emisi adalah PT Korea Investment & Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Indo Premier Sekuritas. Sedangkan, bertindak selaku wali amanat adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Berita Terkait