Kedatangan 2 Mal Baru, Ruang Ritel di Jakarta Terus Bertambah

22 September 2021 12:33 WIB

Penulis: Aprilia Ciptaning

Editor: Laila Ramdhini

Mal Taman Anggrek. / Facebook @mta.jakarta

JAKARTA – Sektor ritel mulai tumbuh setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilonggarkan. Peningkatan ini terjadi dibandingkan dengan kemerosotan besar pada tahun lalu, yakni ketika awal pandemi melanda.

Berdasarkan hasil riset dari Savills Indonesia, pembukaan dua pusat perbelanjaan baru, yakni Mal Taman Aggrek Residence dan Mal Pondok Indah 3 turut mendongkrak dari sisi pasokan dan penawaran.

“Kedua proyek tersebut memberikan kontribusi sekitar 61.500 meter persegi (m2) ruang ritel baru untuk segmen kelas atas,” mengutip Direktur Savills Indonesia Anton Sitorus dalam keterangan tertulis, Rabu, 22 September 2021.

Dengan penambahan tersebut, total stok ritel di Jakarta meningkat menjadi sekitar 3,3 juta m2. Jumlahnya didominasi oleh mal kelas menengah ke atas, yakni sebesar 40%. Sementara itu, mal kelas atas dan pusat perbelanjaan kelas menengah ke bawah memiliki porsi sama, yakni 12%-13%.

Diketahui, jumlah pengunjung pusat perbelanjaan di Jakarta sendiri mulai terlihat sejak periode menjelang perayaan Idulfitri pada Juni 2021. Hal ini ditandai oleh peningkatan lalu lintas mal. Pada saat itu, para pedagang dan pengecer pun bersiap untuk pemulihan pasar.

Meskipun demikian, kondisi sempat menurun cukup drastis setelah varian Delta menyebar pada Juli 2021. Kasus ini dinilai berpotensi meruntuhkan optimisme.

Kekosongan mal di Jakarta pun mengalami peningkatan tipis, yakni dari 12% menjadi 13% sepanjang semester I-2021. Segmen kelas dengan porsi paling besar, yakni naik dari 9% menjadi 12% pada akhir Juni 2021.

Berita Terkait