Kebiasaan Saat Lebaran yang Memicu Risiko Kolesterol Tinggi

14 Mei 2021 21:30 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Ilustrasi kebiasaan pemicu kolesterol tinggi/freepik.com

JAKARTA – Saat momen lebaran Hari Raya Idulfitri, tentu sering dihabiskan dengan banyak mengonsumsi berbagai makanan. Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa terkena berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah kolesterol tinggi. Padahal, kolesterol tinggi sendiri merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Tak hanya itu, kolesterol tinggi juga tidak menimbulkan gejala sehingga Anda tidak akan mengetahuinya jika tidak melakukan tes darah.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari kebiasaan-kebiasaan saat lebaran atau Hari Raya Idulfitri berikut ini yang dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

  1. Tidak Cukup Makan Serat
    Makan rendah serat dapat menimbulkan risiko kolesterol tinggi pada tubuh Anda. Solusinya, cobalah untuk mengonsumsi sayuran, biji-bijian, buah, dan kacang-kacangan karena dapat menurunkan kolesterol LDL yang bisa meningkatkan peradangan dan penumpukan plak di pembuluh darah arteri.
  2. Mengonsumsi Makanan Tinggi Karbohidrat Olahan
    Mengonsumsi soda, roti putih dan makanan karbohidrat olahan dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi.
  3. Makanan Tinggi Produk Hewani
    Diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak mungkin sedang populer saat ini, tetapi dalam jangka panjang, cara makan ini mungkin memiliki beberapa efek samping yang dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda. Diet seperti diet keto jug dapat membuat Anda mengonsumsi terlalu banyak lemak. Jika Anda terlalu sering mengonsumsi lemak jenuh, maka Anda sangat berisiko terkena penyakit kardiovaskular.
  4. Memasak Makanan dengan Mentega
    Memasak menggunakan mentega memang kerap jadi pilihan karena hasil masakan jadi lebih lezat. Tetapi, mentega adalah lemak yang dapat memicu kolesterol yang tidak sehat di tubuh. Sebaiknya, gunakan minyak nabati seperti minyak zaitun extra virgin, dan minyak alpukat untuk memasak karena dapat mengurangi kolesterol total dan LDL.
  5. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Trans
    Jika Anda mengonsumsi makanan yang digoreng dan mengandung lemak trans, maka hal ini dapat meningkatkan kolesterol Anda.

Berita Terkait