Kebakaran di Lapas Tangerang Tewaskan 40 Orang Napi

08 September 2021 14:32 WIB

Penulis: Panji Asmoro

Editor: Ismail Pohan

Sejumlah petugas nampak mengamankan lokasi pasca terjadinya kebakaran di Lapas Kelas I A Kota Tangerang, Rabu 8 September 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia (trenasia.com)

Peristiwa kebakaran Lapas Tangerang terjadi pukul 02.00 WIB di Jl Veteran, Babakan, Tangerang. Api yang berkobar berhasilkan  dipadamkan petugas Damkar dalam waktu sekitar 2 jam. Akibat kebakaran tersebut, 41 orang tewas dan beberapa orang lainnya mengalami luka-luka. Saat ini mereka pun sedang menjalani perawatan di rumah sakit. "Jumlah korban tewas ada 41 orang. Sementara itu, ada 81 korban luka-luka, terdiri atas 73 korban luka ringan dan 8 korban luka berat," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

Saat ini pihak kepolisian tengah melakukan olah TKP di lokasi kejadian kebakaran Lapas Tangerang. Sementara ini, kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Kebakaran Lapas Tangerang berawal dari Blok C2, yang merupakan blok khusus narkotika. di Blok C2 terdapat satu aula dan sembilan kamar. Dalam blok tersebut terdapat sekitar 122 penghuni lapas. Rincian penghuninya adalah 119 napi kasus narkotika, 2 napi kasus terorisme, 1 napi kasus 338 KUHP dan 2 warga negara asing dari Afrika Selatan dan Portugal.

Ada sekitar 7 ambulans dari kepolisian yang disiagakan di lokasi. Ambulans itu keluar-masuk secara bergantian ke dalam area parkiran lapas. Sejumlah aparat kepolisian pun terlihat berada di lokasi. Mereka tengah melakukan penjagaan pasca-kebakaran di lapas ini. Polisi membuka Posko Crisis Center di Lapas Kelas I Tangerang. Posko tersebut akan melayani keluarga korban kebakaran di Lapas Tangerang. Usaha lain yang sedang diupaykan saat ini adalah pemulihan kondisi yang ada didalam Lapas. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia


 

 

Berita Terkait