Kawasan Wisata Super Premium Labuan Bajo Bakal Punya Jalan Tol

JAKARTA-Pemerintah tengah mengkaji pembangunan jalan tol di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores. Hal ini ditujukan demi meningkatkan akses transportasi kawasan tersebut sebagai daerah wisata super premium.

Kepala Biro Humas Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Marius Ardu Jelamu mengatakan pengembangan kawasan wisata Labuan Bajo membutuhkan infrastruktur jalan tol.

Rencana tersebut telah dibahas dalam Rapat Koordinasi Badan Pengurus Jalan Tol Labuan Bajo, Kamis, 10 September. “Ide itu datang pertama kali dari Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” kata Marius, Sabtu, 12 September 2020.

Marius menjelaskan rencana pembangunan infrastruktur tersebut, pendanaannya akan dicari lewat investasi pihak swasta. “Pemerintah gandeng investor, terbuka untuk investor dalam maupun luar negeri,” tambahnya.

Kebutuhan membangun jalan tol di Laboan Bajo merupakan komitmen untuk meningkatkan akses transportasi di Labuan Bajo mengikuti kebutuhan sosial dan ekonomi di masa mendatang. Apalagi, Laboan Bajo kini termasuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Dalam pembangunan infrastruktur tersebut, Marius menyebutkan nantinya pemerintah provinsi bakal mendukung dari sisi pembebasan tanah dan urusan lainnya yang menjadi wewenang pemerintah daerah.

“Kami akan siap duduk bersama dengan pihak kementerian dan investor, dan berbagai pihak terkait kalau suatu waktu nanti di Labuan Bajo dibangun jalan tol,” ujarnya.

Tags:
Destinasi Wisata Super Prioritasinfrastrukturjalan tolkawasan pariwisataKPSNLabuan BajoWisata Super Premium
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: