Kalahkan Warren Buffet, Juragan Air Minum Ini Jadi Orang Terkaya ke-6 Sedunia

CHINA – Pimpinan Nongfu Spring Co., perusahaan air minum kemasan terkemuka di China, Zhong Shanshan, kini lebih kaya daripada Warren Buffett. Kekayaan Zhong (66 tahun) melonjak US$13,5 miliar menjadi US$ 91,7 miliar sejak awal tahun.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Zhong adalah orang terkaya keenam di planet saat ini. Saham Nongfu melonjak 18% dalam dua hari perdagangan pertama 2021, naik sejak pencatatan oada September menjadi 200%.

Ini adalah kedua kalinya seorang warga negara China masuk ke dalam 10 besar orang terkaya di dunia. Pendahulunya, taipan properti Wang Jianlin ada di nomor delapan pada 2015.

Sejak itu, belum ada warga China yang pernah menempati peringkat setinggi ini dalam indeks kekayaan Bloomberg sejak diluncurkan pada 2012.

Di China, Zhong dijuluki “Lone Wolf” karena menghindari keterlibatan dalam kelompok bisnis atau partai politik. Zhong juga membawa saham pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co. melonjak lebih dari 2.500% pada April 2020.

Minggu lalu, Zhong menggulingkan Mukesh Ambani dari India sebagai orang terkaya di Asia. Ia nyaris memiliki kekayaan senilai US$ 100 miliar.

Buffett sendiri memiliki kekayaan US$ 86,2 miliar, tetapi pendiri Berkshire Hathway Inc. telah melepaskan lebih dari US$37 miliar saham sejak 2006.

Membantu Empat Kerabat

Zhong juga telah membantu empat kerabatnya menjadi miliarder. Adik perempuannya, Zhong Xiaoxiao, dan tiga saudara istrinya masing-masing memiliki 1,4% saham di Nongfu senilai US$ 1,3 miliar.

Perusahaan itu telah menghasilkan lusinan jutawan, termasuk lebih banyak kerabat dan karyawan Zhong.

Meskipun COVID-19 melemahkan sebagian besar ekonomi global pada 2020, namun tahun itu adalah tahun yang baik bagi orang-orang super kaya di dunia.

500 orang terkaya bahkan bertambah kaya sebesar US$1,8 triliun. Adapun, kekayaan gabungan mereka mencapai US$ 7,6 triliun pada akhir tahun.

Dalam hal ini, Zhong menjadi nomor wahid di Asia, mengumpulkan lebih dari US$ 71 miliar kekayaan gabungan. Terbesar setelah Elon Musk dari Tesla Inc. dan Jeff Bezos dari Amazon.com Inc.

Jack Ma, yang saat ini dikabarkan menghilang dari publik justru mengalami penurunan kekayaan. Kekayaan bersihnya turun sekitar US$ 10 miliar sejak Oktober dan menempati orang terkaya ke-25 di dunia.

Tags:
Bloomberg Billionaires Indexelon muskJack MaJeff BezosNongfu Spring Co.orang terkaya di duniaWarren BuffettZhong
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: