KAI Commuter dan Inka Teken MoU, 16 Rangkaian KRL Baru Siap Hadir!

10 Mei 2022 11:02 WIB

Penulis: Muhammad Farhan Syah

Editor: Fakhri Rezy

KAI Commuter dan INKA jalin kerja sama hadirkan 16 rangkaian KRL yang dijadwalkan rampung 2024 mendatang. (Humas Kementerian BUMN)

JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) dan PT INKA (Persero) siap menghadirkan sebanyak 16 rangkaian KRL (Kommuter Line) baru. Hal itu ditandai dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antar keduanya.

Prosesi penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Direktur Utama PT KAI Commuter Ropig Lutfzfi Azhar dan Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro di Jakarta Senin, 9 Mei 2022.

“KAI Commuter berencana akan melakukan pengadaan sarana baru sebanyak 16 rangkaian KRL dengan susunan 12 kereta tiap rangkaiaannya dengan spesifikasi teknis yang dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan perkeretaapian,” kata Budi dalam keterangan pers Senin, 9 Mei 2022.

Budi berharap segala proses persiapan produksi 16 rangkaian kereta hingga pengiriman pertamanya itu dapat sesuai jadwal seperti yang diperkirakan pada tahun 2024 mendatang.

Adapun rencananya, PT INKA tidak hanya sebatas memproduksi rangkaian KRL baru saja, namun juga akan menghadirkan layanan purna jual seperti penyediaan suku cadang dan komponennya sebagai bentuk komitmen dalam menghadirkan ekosistem perkeretaapian yang andal di dalam negeri.

Sementara itu, Wakil Menteri II Kementerian BUMN RI Kartika Wirjoatmodjo yang hadir dalam acara seremoni menyampaikan bahwa dunia perkeretaapian Indonesia saat ini telah mengalami transformasi yang besar selama 10 tahun terakhir.

“Kami melihat dunia perkeretaapian Indonesia 10 tahun ke belakangan mengalami transformasi yang sangat luar biasa. Kita Melihat dari kualitas layanan, dari sisi ketepatan waktu, safety semua meningkat dengan baik, dan masyarakat sangat mengapresiasi kerja sama antara Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, PT KAI dan PT INKA,” jelas Kartika dalam keterangan pers dikutip Selasa, 10 Mei 2022.

Kartika menyebut bahwa Kementerian BUMN akan terus mendorong perkembangan industri kereta api di Indonesia tidak hanya untuk penumpang saja, namun juga turut menghadirkan keandalan jenis kereta lainnya seperti pengangkut barang dan logistik.

KAI Commuter sebagai operator KRL Jabodetabek dan KRL Yogyakarta-Solo dalam mengoperasikan pelayanan KRL membutuhkan sarana yang andal sebagai modal utama dalam melayani pelanggan. Dengan target 1,2 juta pengguna tiap harinya, tentunya KAI Commuter memerlukan Sarana KRL yang andal dalam menjalankan operasionalnya untuk memenuhi target tersebut.

Adapun pembangunan ke-16 rangkaian KRL yang direncanakan tersebut nantinya akan dilakukan di pabrik milik PT INKA yang terletak di Banyuwangi, Provinsi Jawa timur.

Berita Terkait