Kabel Bawah Laut Sempat Putus, Layananan Telkom di Papua Sudah Pulih

09 Juni 2021 02:20 WIB

Penulis: Sukirno

Kapal DNEX Pasific Link (DPL) saat akan bertolak dari Pelabuhan Jayapura menuju titik lokasi putusnya kabel laut SMPCS / Dok. Telkom Indonesia

JAKARTA – Emiten pelat merah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) mengungkapkan layanan TelkomGroup di Jayapura telah kembali normal.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan kapal atau vessel DNEX Pacific Link (DPL) sudah on site di lokasi sejak 31 Mei 2021. Proses pengerjaan diawali dengan persiapan dan analisis kondisi alam sekitar.

“Telkom terus berupaya untuk menyegerakan penyelesaian penyambungan kabel SMPCS sesuai dengan waktu yang ditargetkan agar masyarakat dapat kembali menikmati layanan TelkomGroup dengan nyaman seperti sediakala,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, 8 Juni 2021.

SMPCS atau Sulawesi Maluku Papua Cable System adalah kabel komunikasi bawah laut yang terbentang di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua. Dalam pembangunannya, kabel ini terdiri dari dua paket yakni paket 1 sepanjang 5.617 km dan paket 2 sepanjang 3.155 km.

Ririek menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak yang berperan dalam proses penyambungan kabel laut SMPCS, sekaligus kepada pelanggan di Jayapura dan sekitarnya yang tetap setia menggunakan layanan TelkomGroup.

“Ke depannya Telkom berkomitmen untuk mengakselerasi pemerataan konektivitas di seluruh Indonesia hingga wilayah 3T, serta selalu memberikan layanan dengan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan termasuk untuk wilayah Papua,” katanya.

Layanan Telkom baik suara maupun data untuk wilayah Jayapura dan sekitarnya telah kembali normal setelah proses penyambungan kabel laut dari arah Biak/Sorong dan arah Jayapura selesai dilakukan.

Proses penyambungan kedua sisi dan proses penggelaran dengan melakukan pemindahan rute diselesaikan pada 8 Juni 2021, setelah sebelumnya dilakukan pengangkatan kabel laut SMPCS dari arah Biak/Sorong dan kabel dari arah Jayapura.

Dengan selesainya proses penyambungan kabel laut arah Biak/Sorong dan arah Jayapura ini maka sejak 8 Juni 2021 pukul 14.00 WIB, layanan di wilayah Jayapura dan sekitarnya serta seluruh Papua kembali normal seperti sediakala.

Sebelumnya, terjadi gangguan telekomunikasi di Jayapura akibat Sistem Komunikasi Kabel Laut milik PT Telkom ruas Biak-Jayapura putus pada 30 April lalu.

Dari hasil investigasi sementara, putusnya kabel laut tersebut diakibatkan oleh faktor alam. (SKO)

Berita Terkait