JULO dan BukuWarung Berkolaborasi untuk Perluas Akses Kredit bagi UMKM

23 Mei 2022 21:21 WIB

Penulis: Idham Nur Indrajaya

Editor: Rizky C. Septania

JULO berkolaborasi dengan BukuWarung untuk perluas akses kredit bagi UMKM. Foto: JULO (JULO)

JAKARTA - PT JULO Teknologi Finansial dan PT Buku Usaha Digital (BukuWarung) berkolaborasi untuk memperluas akses penyaluran kredit bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Melalui program Solusi Modal Usaha, JULO sebagai penyedia jasa fintech lending dan BukuWarung sebagai aplikasi keuangan digital berupaya untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan memperluas penyaluran pinjaman bagi masyarakat yang kesulitan untuk mengakses kredit perbankan.

Co-founder dan CEO JULO Adrianus Hitijahubessy mengatakan, UMKM adalah aspek yang tidak terpisahkan perannya dari roda perekonomian di Indonesia.

UMKM telah memberikan kontribusi 61% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan menghimpun sampai kurang-lebih 60% dari total investasi di Indonesia.

Adrianus menambahkan, meski pelaku UMKM memiliki kesempatan yang besar untuk berkembang lebih jauh, namun 77,6% dari mereka belum terjangkau oleh akses kredit perbankan maupun fintech lending.

"Karena itu, JULO sangat menyambut kerja sama strategis bersama BukuWarung dengan tujuan untuk menjangkau lebih banyak kalangan rekan-rekan UMKM. Hal ini tentunya sejalan dengan visi kami untuk membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih berdaya dengan stabilitas finansial melalui akses kredit digital," kata Adrian melalui keterangan resmi, Senin, 23 Mei 2022.

Dengan mengikuti Solusi Modal Usaha, pelaku UMKM dapat memenuhi berbagai kebutuhan untuk bisnis, mulai dari menambah stok produk, menyewa lokasi usaha, sampai membeli perlengkapan usaha dengan limit kredit hingga Rp20 juta.

Pinjaman dari JULO bisa diakses secara online dari seluruh 34 provinsi Indonesia dengan target pertumbuhan kredit outstanding lebih dari lima kali lipat untuk satu tahun ke depan.

Seiring dengan upaya untuk mencapai target inklusi keuangan sebesar 90% di tahun 2024 mendatang, JULO berencana untuk lebih banyak menjalin kerja sama strategis dalam rangka memperluas akses finansial masyarakat Indonesia. 

Berita Terkait