Juarai Piala Euro 2020, Italia Rayakan Kemenangan di Tengah Pandemi

12 Juli 2021 10:00 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Pendukung Italia Merayakan Kemenangan Piala Euro 2020 di Roma/ sumber:Reuters

Roma – Italia merayakan kemenangannya di tengah pandemi atas Piala Euro 2020 yang dihelat Senin, 12 Juli 2021 di Stadion Wembley Inggris.

Sejumlah pendukung Italia tampak memenuhi jalan dan alun-alun kota setelah negaranya berhasil memenangi Piala Euro atas Inggris setelah meraih skor 3-2 lewat drama adu pinalti.

Suasana kota pun tampak meriah meski masih dilanda pandemi. Masyarakat Italia yang merayakan kemenangan tampak bernyanyi. Kembang api dan musik pun menjadi pelengkap hingar-bingar perayaan kemenangan di Kota Roma.

“Luar biasa, luar biasa, Anda tidak bisa merasa lebih baik dari ini. Luar biasa, kami memenangkan final,” ujar seorang penggemar yang berada di Piazza del Popolo Roma dilansir via Reuters.

Tak hanya itu, Presiden Italia, Sergio Mattarella juga melayangkan pujian pada timnas Italia beserta pelatih timnya, Roberto Mancini karena dianggap memgobati kekecewaan setelah gagal lolos ke piala dunia pada 2018 lalu.

“Terimakasih sebesar-besarnya pada Roberto Mancini dan para pemain yang mewakili Italia dengan baik dan membawa kehormatan di dunia olahraga,” ujar Sergio dalam sebuah pernyataan.

Tak hanya di Roma, perayaan kemenangan juga dilakukan di kota kelahiran Mancini, Jesi yang terletak di bagian tengah Italia.

“Ini sangat penting bagi Italia dan bagi kami,” ujar salah satu penggemar sembari memegang bendera Italia berukuran besar.

Perayaan kemenagan Italia atas Piala Euro di tengah pandemi menjadi yang pertama kali dilakukan sejak kemenangan terakhirnya atas piala dunia di tahun 2006.

Setelah momen tersebut, dunia sepakbola tim Azzuri memgalami banyak kemunduran. Salah satunya adalah kekalahan telak atas Spanyol di pertandingan final 2012 lalu.

Selama pandemi berlangsung, Italia banyak memgalami penderitaan dan resesi ekonomi. Keberhasilan Italia keluar sebagai Juara Piala Euro 2020 tahun ini menjadi secercah harapan dan kelegaan bagi negara tersebut. (RCS)

Berita Terkait