Jual Foto Selfie Raup Miliaran dari NFT, Ditjen Pajak Colek Ghozali Everyday

15 Januari 2022 13:01 WIB

Penulis: Muhammad Farhan Syah

Editor: Sukirno

NFT Ghozali Everyday (Opensea.io)

JAKARTA – Seorang pemuda bernama Ghozali menjadi viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir, Ghozali diketahui melakukan penjualan aset Non-Fungible Token (NFT) berupa foto selfie dirinya yang dilakukan setiap hari sejak 2017 melalui platform jual-beli NFT Opensea.

Tak main-main, animo masyarakat terhadap NFT atas foto selfie-nya tersebut sangat tinggi hingga dirinya kini berhasil meraup keuntungan hingga Rp1,5 miliar melalui penjualan tersebut dengan total NFT terjual sebanyak 230 foto selfie dirinya.

Di tengah ramai perbincangan tentang Ghozali di media sosial, ternyata hal itu menarik perhatian dari Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan, Ditjen Pajak melalui akun Twitter resminya mengucapkan selamat kepada Ghozali sekaligus mengingatkan agar dirinya membayar pajak dari hasil penjualan NFT-nya.

“Selamat Ghozali, berikut adalah tautan tempat di mana anda dapat mendaftarkan NPWP Anda : http://pajak.go.id/id.,” tulis akun twitter resminya dengan nama pengguna @DitjenPajakRI dikutip pada Sabtu, 15 Januari 2022.

Ditjen Pajak juga mengarahkan Ghozali agar mengubungi Kring Pajak melalui akun resminya dengan nama pengguna @Kring_pajak untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait cara pembayaran pajak tersebut.

Cuitan dari Ditjen pajak tersebut lantas direspons positif oleh Ghozali melalui akun Twitternya dengan nama pengguna @Ghozali_Ghozalu.

“Tentu saja saya akan membayar (pajak) karena saya adalah warga negara Indonesia yang baik,” balasnya kepada cuitan Ditjen Pajak.

Ghozali juga menerangkan dalam cuitannya tersebut bahwa ini adalah pembayaran pajak pertama yang dilakukan olehnya selama ia hidup.

Belakangan ini, aset digital berupa NFT memang tengah menarik perhatian setelah banyaknya tokoh-tokoh publik serta perusahaan maupun organisasi dunia berbondong-bondong untuk merilis NFT-nya, mulai dari National Basketball Assosiation (NBA), Trevor Jones, KFC Indonesia hingga Syahrini beberapa waktu yang lalu.

Sebagai informasi, Non-Fungible Token atau NFT adalah sebuah aset digital yang mewakili sebuah karya atau objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game hingga foto dan video yang seluruhnya dikelola dan didukung oleh teknologi berbasis blockchain sehingga dapat di jamin keamanan nya dalam sisi orisinalitas.

Berita Terkait