Jerman Bisa Berlakukan Lockdown Hingga 2021

28 November 2020 22:23 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

Berlin/Wikipedia

BERLIN-Pemerintah Jerman mengatakan karantina wilayah atau lockdown yang dilakukan di sejumlah kota di negara tersebut bisa diperpanjang hingga awal musim semi tahun depan. Hal ini jika infeksi COVID-19 masih belum berada di bawah kendali.

Dalam wawancara dengan surat kabar Die Welt yang terbit pada Sabtu 28 November 2020 dan dikutip Reuters, Menteri Ekonomi Peter Altmaier menyebut bahwa dengan kondisi rasio infeksi 50 kasus per 100.000 penduduk di sebagian besar wilayah Jerman saat ini, tidak mungkin untuk memutuskan langkah pasti selanjutnya.

“Kita akan mengalami musim dingin tiga sampai empat bulan ke depan. Mungkin saja pembatasan masih akan diberlakukan hingga bulan-bulan awal 2021,” kata Altmaier.

Pada Rabu 25 November Kanselir Angela Merkel setuju dengan pemimpin dari 16 negara bagian federal Jerman untuk memperpanjang dan memperketat langkah-langkah penanganan COVID-19, setidaknya hingga 20 Desember 2020.

Jerman mulai menerapkan karantina wilayah yang lebih ringan, yakni dengan menutup bar dan restoran, namun tetap membuka sekolah dan toko, mulai awal November. Langkah tersebut dapat menghentikan peningkatan kasus berlipat ganda, tetapi angka infeksi masih tinggi.

Menurut data Robert Koch Institute (RKI), terdapat 21.695 kasus infeksi baru pada Sabtu, sehingga jumlah sejak pandemi masuk ke Jerman hingga saat ini mencapai lebih dari satu juta kasus.

Berita Terkait