Jelang Akhir Pekan, Ini Tarif Baru Berkunjung ke Lawang Sewu dan Museum Kereta Api Ambarawa

14 Januari 2022 11:00 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

Wisata Museum Lawang Sewu di Kota Semarang (Jatengaja.com/semarangkota.go.id)

SEMARANG, - Lawang Sewu dan Museum Kereta Api di Ambarawa menjadi salah satu tujaun wisata jika sedang bertandang ke Semarang.

Keduanya memiliki pesona bangunan eksotis yang saying bila dilewatkan. Lalu berapa harga tiket masuk ke lokasi wisata tersebut?

Menurut Humas PT Kereta Api Pariwisata, M Ilud Siregar, tarif tiket masuk Museum Lawang Sewu dan Museum Ambarawa terbaru terbagi dalam tiga golongan. Yaitu tarif tiket masuk dewasa senilai Rp 20 ribu, tarif tiket masuk anak dan pelajar senilai Rp 10 ribu. 

"Adapun tarif tiket masuk bagi wisatawan mancanegara (Wisman) senilai Rp 30 ribu," tutur Ilud dalam siaran persnya.

Dikatakan, untuk waktu operasional Museum Lawang Sewu pada hari biasa dibuka mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB. 

"Adapun saat akhir pekan, Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional waktu operasionalnya menjadi lebih panjang, yakni dari pukul 08.00 - 20.00 WIB," katanya.

Peduli Lindungi

Bagi pengunjung, wajib vaksin minimal dosis 1, scan barcode PeduliLindungi di pintu masuk museum dan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Untuk anak usia 12 tahun boleh masuk dengan syarat pendamping atau orang tua sudah vaksin minimal dosis vaksin 1.

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan Varian Omicron,  KAI Wisata terus meningkatkan dan memperketat penerapan protokol kesehatan bagi para pengunjung.

Sejak dibuka kembali di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Agustus 2021, KAI Wisata tetap menerapkan protokol kesehatan di lokasi wisata Gedung Bersejarah Lawang Sewu.

"Kami menyediaan fasilitas untuk higienitas para pengunjung seperti tempat cuci tangan, hand sanitizer, pengecekan suhu dengan thermogun. Serta himbauan agar pengunjung selalu menjaga jarak, serta penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah," ujarnya. 

Manager Museum Lawang Sewu dan Indonesia Railway Museum, Trisna Cahyani mengatakan, jumlah kunjungan ke museum Lawang Sewu terus mengalami peningkatan. 

Jumlah pengunjung setiap weekend atau Sabtu dan Minggu, di Lawang Sewu di bulan Desember 2021, rata-rata diangka 4.500 orang atau naik sekitar 125 persen. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan jumlah kunjungan November 2021. (-)

Tulisan ini telah tayang di jatengaja.com oleh Sulistya pada 13 Jan 2022 

Berita Terkait