Jasa Marga Target Tol Manado-Bitung Seksi IIB Kelar Akhir November

09 November 2021 04:14 WIB

Penulis: Amirudin Zuhri

Editor: Amirudin Zuhri

(null)

MANADO - Direktur Utama PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) Charles Lendra mengatakan pembangunan Seksi IIB, Tol Manado Bitung  ditargetkan selesai pada akhir November 2021 ini.

"Jadi untuk seksi IIB Danowodu-Bitung progres pekerjaannya sudah mencapai 97,3 persen di akhir Oktober kemarin," sebut Charles di Manado Senin 8 November 2021.

Cahrles menyebutkan, ada beberapa pekerjaan di ruas itu yang sementara dikerjakan seperti di jembatan Ranowulu, beberapa overpass hingga bahu jalan.

"Kita juga secara simultan mengerjakan rest area yang diperkirakan sampai bulan Desember masih pada tahap konstruksi," katanya.

Ada sejumlah manfaat yang bisa dinikmati manakala tol terpanjang di Sulawesi ini dibangun, di antaranya akan memangkas waktu tempuh yang menghubungkan Kota Manado dan Kota Bitung.

Selain itu, akan mengurai kemacetan yang biasanya terjadi di jalan arteri karena kendaraan dengan berbagai varian tumpah di ruas itu.

Masyarakat, lanjut dia, juga dapat memanfaatkan ruang yang ada di luar ruas tol seperti Manado, Airmadidi, Kauditan dan Danowudu dan Bitung untuk berbagai aktivitas.

"Ada Kawasan Ekonomi Khusus Bitung, ada destinasi-destinasi wisata bahkan hub port international, tol dibangun untuk mendukung pengembangan sektor-sektor itu," ujarnya.

Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara itu dibangun sepanjang 39,9 kilometer dengan empat seksi yaitu IA, IB, IIA dan IIB, seksi IIB ini yang sementara dipacu pembangunannya.

Tiga seksi dengan total panjang sekitar 26 kilometer saat ini telah difungsikan dengan beberapa pintu tol, Manado, Airmadidi, Kauditan dan Danowudu.*

 

Tulisan ini telah tayang di potretmanado.com oleh Joise Bukara pada 08 Nov 2021 

Berita Terkait