Jangan Pesan Tiket Liburan Sekarang, Cek Daftar Pekerja yang Dilarang Ambil Cuti Akhir Tahun di Sini

24 November 2021 13:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Jangan Pesan Tiket Liburan Sekarang, Cek Dulu Daftar Pekerja yang Dilarang Ambil Cuti Akhir Tahun di Sini (Freepik.com/rawpixel)

JAKARTA - Untuk Anda yang kini menjadi seorang karyawan atau pekerja, apakah sudah memiliki rencana untuk menghabiskan cuti akhir tahun? Akan tetapi, rencana tersebut tampaknya perlu Anda pertimbangkan ulang.

Pasalnya, beberapa waktu lalu pemerintah telah mengumumkan kebijakan mengenai larangan mengambil cuti akhir tahun. Pemerintah juga telah menghapus cuti bersama Natal pada 24 Desember 2021. Keputusan itu tercantum dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021 tentang Tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021.

Sebelumnya pemerintah sudah menetapkan pemberlakukan PPKM level 3 pada periode libur Natal dan Tahun Baru untuk semua daerah di Indonesia dan berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia.

Selain itu, PPKM Level 3 ini juga melarang beberapa aktivitas yang melibatkan pertemuan skala besar seperti pesta malam tahun baru, hingga pawai dalam masa PPKM Level 3. Tidak hanya itu, larangan cuti akhir tahun ini juga berlaku bagi karyawan atau pekerja. 

Karyawan yang Dilarang untuk Mengambil Cuti Akhir Tahun

Berdasarkan Surat Edaran Edaran Menteri PAN-RB Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Cuti Bagi ASN Selama Hari Libur Nasional Tahun 2021, terdapat larangan untuk mengambil cuti dan hari libur bagi pegawai negeri sipil atau ASN. 

Tidak hanya itu, menurut Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang ditayangkan melalui kanal YouTube resmi BNPB mengungkapkan bahwa tidak hanya ASN, larangan cuti juga berlaku untuk TNI, Polri, karyawan BUMN dan karyawan swasta selama libur akhir tahun. 

Hal ini dilakukan dengan peniadaan cuti bersama pada tanggal 24 Desember 2021 dan larangan untuk mengambil jatah cuti pada akhir tahun. Selain itu, peraturan ini bertujuan untuk meminimalisir mobilitas masyarakat untuk melakukan kegiatan yang tidak mendesak agar tidak terjadi kenaikan kasus COVID-19.

Berita Terkait