Jangan Ngejar Murah, 5 Barang Ini Harus Dibeli dalam Kondisi Baru

13 Agustus 2021 16:04 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Amirudin Zuhri

Tak Selalu Lebih Menguntungkan, 5 Barang Ini Justru Harus Dibeli dalam Kondisi Baru (Pexels.com/Max Vakhtbovych )

JAKARTA - Saat kondisi ekonomi lesu seperti sekarang, terkadang kita lebih memilih untuk membeli barang dalam kondisi bekas untuk menghemat biaya dan menguntungkan. Memang, ada beberapa barang yang sebaiknya dibeli dalam kondisi bekas karena suatu hal tertentu.

Akan tetapi, ada juga beberapa barang yang seharusnya tidak Anda beli di toko barang bekas. Berikut 5 barang yang seharusnya dibeli dalam kondisi baru.

1. TV

Sulit untuk menentukan seberapa baik TV dan perangkat elektronik lainnya dirawat oleh pemilik sebelumnya. Jika TV Anda mati, diperlukan biaya yang tak sedikit untuk memperbaiki atau menggantinya. Dan tak jarang biaya untuk memperbaiki TV hampir sama dengan biaya untuk membeli TV baru.

2. Sepatu

Sepatu bekas telah dicetak ke kaki pemilik sebelumnya. Sepatu yang tidak pas dapat menyebabkan rasa sakit dan masalah kesehatan dari waktu ke waktu. Sepatu lari, khususnya, mungkin telah kehilangan sebagian besar bantalan penyerapnya pada saat pemilik pertama selesai

3. Penyedot debu

Penyedot debu memang barang yang mahal. Akan tetapi, apakah Anda benar-benar ingin membeli penyedot bekas yang mungkin sudah tidak bisa berfungsi dengan baik?

Selain itu, penyedot debu bekas juga pastinya telah digunakan untuk membersihkan rumah orang lain. Hal ini tentu bisa menimbulkan masalah kesehatan, karena kita tidak tahu seberapa banyak kotoran yang telah disedot menggunakan alat tersebut.

4. Perhiasan

Anda mungkin berpikir bahwa membeli perhiasan yang diobral di toko barang bekas merupakan hal yang cerdas. Tapi, kecuali Anda telah berpengalaman mengidentifikasi perhiasan, Anda mungkin sebenarnya bisa saja sedang ditipu.

Hal ini karena jika seseorang mencoba menjual perhiasan, maka biasanya dibandrol dengan harga yang jauh lebih mahal daripada yang mereka beli. Tak hanya itu, beberapa jenis perhiasan imitasi bahkan dapat mengandung sejumlah zat beracun atau alergen seperti nikel dan timbal.

5. Parfum dan Produk Kecantikan

Parfum seberanya memiliki tanggal kedaluwarsa. Untuk menghindari menemukan parfum yang kedaluwarsa, maka sebaiknya belilah parfum yang baru.

Hal  sama berlaku untuk produk seperti lotion dan makeup. Semua hal yang dikenakan langsung di wajah, lebih baik beli dalam kondisi baru.

Berita Terkait