Jangan Mudah Tergiur, Ini Cara Cek Izin Edar BPOM Sebelum Membeli Produk Makanan dan Kosmetik

08 Januari 2022 23:15 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Laila Ramdhini

Jangan Mudah Tergiur, Ini Cara Cek Izin Edar BPOM Sebelum Membeli Produk Makanan dan Kosmetik (Freepik.com)

JAKARTA - Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan tetap waspada dalam penggunaan berbagai produk yang kerap digunakan sehari-hari, seperti produk makanan dan kosmetik. Semua produk kosmetika yang beredar di Indonesia seperti produk perawatan kulit, sabun mandi, sampo, bahkan pasta gigi harus memiliki nomor izin edar dari BPOM.

Akan tetapi, ada banyak pelaku kejahatan yang kerap menjual berbagai produk kosmetik berbahaya yang mengandung bahan berbahaya, salah satunya seperti merkuri. Produk-produk tersebut biasanya dijual dengan menambahkan keterangan klaim manfaat yang dapat membuat konsumen tergiur untuk membeli produk tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus jeli untuk selalu memeriksa setiap produk yang digunakan. Anda perlu memeriksa izin edar BPOM yang biasanya dicantumkan di kemasan produk.

Berikut beberapa cara yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan atau membeli produk kosmetik atau makanan.

Cek Kemasan

Pastikan kemasan produk kosmetik atau makanan dalam keadaan yang baik (tidak rusak, tidak cacat, tidak jelek, tidak menggelembung, dan tidak penyok).

Cek Label

Anda perlu membaca informasi yang tertera pada label dengan cermat seperti komposisi bahan pembuatan.

Cek Kedaluwarsa

Pastikan produk kosmetik atau makanan yang Anda beli tidak melebihi tanggal kedaluwarsa.

Cek Izin Edar

Anda bisa mengetahui izin edar produk kosmetik atau makanan pada label berupa kode notifikasi, yang diawali huruf N diikuti 1 huruf dan 11 digit angka.

Untuk cek izin edar produk di BPOM, Anda perlu mengunjungi laman cekbpom.pom.go.id. Pada kolom ‘Cari Berdasarkan’ pilih opsi ‘Nomor Registrasi’ lalu masukkan nomor registrasi yang terdapat pada kemasan produk di kolom ‘Kata Kunci’. 

Kemudian, klik ‘Cari’. Laman tersebut akan menampilkan informasi mengenai produk yang Anda cari.

Itu tadi cara yang bisa Anda lakukan untuk cek izin edar produk yang akan Anda beli atau gunakan. Selamat mencoba.

Berita Terkait