Jangan Beli Baru! 7 Barang yang Sebaiknya Dibeli dalam Kondisi Bekas

11 Agustus 2021 15:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Jangan Beli Baru, Inilah 7 Barang yang Seharusnya Dibeli dalam Kondisi Bekas (trenasia)

JAKARTA - Saat kita berkunjung ke sebuah toko atau supermarket yang menjual peralatan, tentu kita sering tergoda untuk membelinya. Baik itu furnitur, hiasan rumah, atau barang-barang lainnya, ketika masih ada di toko maka tampak menggoda untuk kita beli dan bawa ke rumah.

Padahal, hal tersebut juga bisa memicu pemborosan uang. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk membeli keperluan rumah tangga Anda dengan membeli barang bekas. Hal ini karena barang bekas yang dijual juga masih banyak yang memiliki kualitas bagus.

Berikut beberapa barang yang seharusnya Anda beli dalam kondisi bekas, sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda.

1. Perkakas
Saat kita membutuhkan sesuatu seperti perkakas, memang lebih mudah untuk membelinya dalam kondisi baru seperti di toko. Sayangnya, perkakas seperti palu, kunci Inggris, tang dan sebagainya tidak kita butuhkan setiap hari. Oleh karena itu, cobalah untuk membelinya dalam kondisi bekas yang masih berkualitas.

2. Perlengkapan Olahraga

Perlengkapan olahraga baru biasanya dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Selain itu, barang-barang tersebut bagi Anda khususnya yang bukan seorang atlet, bukan merupakan kebutuhan yang terlalu penting. Apalagi jika Anda membelikan perlengkapan olahraga untuk anak-anak, maka hal ini bisa menimbulkan pemborosan. Pasalnya, anak-anak sangat cepat tumbuh dan terkadang peralatan yang kita berikan kepada mereka tidak dapat dipakai lagi. Oleh karena itu, cobalah untuk membeli peralatan olahraga dalam kondisi bekas saja.

3. Sepeda
Sepeda baru memang harganya mahal. Akan tetapi, jika Anda ingin membeli dengan harga miring, cobalah untuk mencarinya di pasar loak atau bekas. Biasanya kita cukup mengganti rantai sepeda dengan baru yang pada umumnya lebih murah.

4. Kendaraan

Kendaraan seperti mobil memang harganya mahal, apalagi dalam kondisi baru. Sayangnya, harga kendaraan lama-lama akan menurun. Oleh karena itu lebih baik pilihlah kendaraan dalam kondisi bekas yang kondisinya masih layak dan berkualitas.

5. Mebel
Furnitur dan mebel juga merupakan barang yang sering ada di rumah. Akan tetapi, jika dibeli dalam kondisi baru, harganya juga sangat mahal dibandingkan harga bekasnya. Cobalah untuk berkunjung ke pasar loak, toko barang antik atau pusat furnitur bekas. Carilah yang masih bersih, nyaman, dan kokoh untuk dibawa ke rumah Anda.

6. Buku Teks

Mulai dari novel fiksi hingga buku pelajaran sekolah, buku termasuk dalam barang yang dapat dibeli dalam kondisi bekas. Apalagi buku pelajaran yang biasanya cuma dipakai dalam waktu satu tahun saja. Oleh karena itu, membelinya dalam kondisi bekas memang merupakan hal yang bijak untuk dilakukan.

7. Mainan Anak
Mainan anak seperti yang dijual di supermarket atau mall memang kerap menggoda mata anak Anda untuk memilikinya. Akan tetapi, barang tersebut tentu cukup mahal untuk dibeli. Padahal, tak selamanya anak Anda akan menggunakannya dan asyik memainkannya. Oleh karena itu, Anda bisa membelinya dari saudara Anda yang mainan anaknya sudah tak terpakai, atau cobalah cari mainan dalam kondisi bekas yang masih bisa dipakai. Jangan lupa juga untuk membersihkan mainan tersebut terlebih dahulu, mengingat anak-anak sering memasukkan benda apapun ke mulutnya.

Berita Terkait