Jaminan Harga Rendah, Tokopedia Sebar Hadiah Jika Jika Harga Produk Marketplace Lain Lebih Murah

11 Agustus 2021 12:30 WIB

Penulis: Rizky C. Septania

Editor: Rizky C. Septania

Tokopedia (Istimewa)

JAKARTA - Tokopedia baru saja merilis sebuah kampanye bertajuk "Tokopedia Tekno" yang akan memberikan keuntungan baru bagi para konsumennya.

Dalam acara peresmiannya yang dilakukan secara virtual pada hari Selasa, 10 Agustus 2021, disebutkan kalau Tokopedia akan kasih hadiah untuk konsumen yang temukan harga produk lebih murah di marketplace lain.

Jadi jika pengguna melihat harga produk teknologi di Tokopedia justru lebih mahal dibandingkan pesaing, maka mereka berhak mendapatkan Tokopedia Gift Card.

"Kami memberikan giftcard yang untuk belanja lagi di Tokopedia," ucap Head of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra.

Ia pun menerangkan bahwa dengan adanya langkah ini diharapkan dapat membantu para mitra penjual di Tokopedia untuk bisa mengembangkan bisnisnya.

Selain itu, latar belakang adanya kampanye Tokopedia Tekno ini adalah tren penjualan di kategori elektronik di Tokopedia yang naik selama masa pandemi.

Menurut data perusahaan, pulau Jawa terutama wilayah Jabodetabek menjadi daerah dengan transaksi Tokopedia Tekno paling tinggi di kuartal kedua (Q2) 2021.

Sedangkan untuk peningkatan yang paling signifikan berada di wilayah Indonesia Timur dan Kalimantan. Kedua wilayah ini tercatat  mengalami pertumbuhan jumlah transaksi produk Tokopedia Tekno yang terbesar di Q2 tahun ini.

Lalu bagaimana untuk bisa melaporkan produk dari marketplace lain yang lebih murah dari Tokopedia?

Berdasarkan keterangan Leo, konsumen yang menemukan harga produk lebih murah dibandingkan di Tokopedia bisa langsung melakukan klaim.

Klaim bisa dilakukan dengan melaporkannya melalui fitur pengaduan yang ada di aplikasi Tokopedia. Jika sudah, maka diharapkan untuk konsumen bisa menunggu beberapa hari selama masa kerja.

Nantinya tim investigasi dari Tokopedia akan melakukan pengecekan harga yang kamu klaim dalam laporan. Kalau memang aduan tersebut benar, maka Tokopedia akan secara langsung memberikan Tokopedia Gift Card.

Namun sayangnya, Leo tidak menjelaskan bagaimana proses pemberiannya, apakah melalui email atau langsung ke akun Tokopedia milik pengguna. 

Meski begitu, dari pernyataan yang dikemukakan oleh Leo, kemungkinan bahwa Tokopedia Gift Card akan berupa voucher belanja untuk mengurangi jumlah belanjaan pada transaksi berikutnya di Tokopedia.

Laptop Jadi Produk Paling Laris

Dalam kesempatan yang sama, pihak Tokopedia juga menjelaskan bahwa konsumen marketplacenya mencatatkan antusias yang tinggi untuk produk-produk teknologi.

Leo menuturkan kalau kategori teknologi menjadi produk yang paling populer di Q2 2021. Sedangkan  untuk perangkat yang paling banyak dibeli, laptop menjadi salah satu barang yang laris untuk dibeli selama masa pandemi.

Kemungkinan besar penyebab dari kenaikan tersebut adalah kegiatan work from home dan sekolah online.

Tulisan ini telah tayang di kabarsiger.com oleh Yunike Purnama pada 11 Aug 2021 

Berita Terkait