Jalur Ganda KA Bogor - Sukabumi Siap Beroperasi Pekan Depan, Waktu Tempuh Jadi 80 Menit!

04 April 2022 13:04 WIB

Penulis: Muhammad Heriyanto

Editor: Fakhri Rezy

Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) / Instagram @Agung_Ajunks

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan inspeksi uji coba pengoperasian jalur ganda Kereta Api (KA) dari Bogor tepatnya Stasiun Paledang ke Stasiun Cicurug, Sukabumi. Pasalnya, usai uji coba, KA Bogor-Sukabumi ditargetkan beroperasi kembali pekan depan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Kereta api lintas Bogor – Sukabumi adalah satu perjalanan yang penuh histori dan secara ekonomis banyak melayani pergerakan masyarakat maupun barang. 

"Oleh karenanya, kami membangun jalur ganda dan melakukan sejumlah rekayasa guna mengurangi ketinggian jalur kereta, agar kapasitas bertambah dan kecepatannya meningkat,” ujar Budi Karya dalam keterangan tertulisnya, Senin, 4 April 2022.

Dalam rangkaian proyek tersebut, Kemenhub juga akan merevitalisasi stasiun-stasiun yang melayani lintas Bogor-Sukabumi dengan konsep heritage. Hal ini bertujuan agar bisa menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat di Jakarta, Bogor, Sukabumi, dan sekitarnya.

“Di kawasan Cicurug ini sejarahnya dulu adalah pusatnya para seniman. Jadi kami ingin mengembangkan stasiun ini sekaligus akan mewadahi karya-karya para seniman seperti lukisan di kayu jati, dan lain sebagainya,” ujar Menhub.

Kemenhub dalam menyampaikan bahwa pemimpin daerah setempat menyambut dengan positif pengoperasian jalur ganda Stasiun Paledang - Stasiun Cicurug. Salah satunya adalah Bima Arya selaku Walikota Bogor. 

Bima Arya mengapresiasi Kemenhub yang menghubungkan kereta api dengan wisata kesejarahan yang ada disepanjang jalur kereta Bogor- Sukabumi

“Di Bogor nantinya akan ada wisata sejarah Batutulis yang diintegrasikan dengan stasiun melalui konsep Transit on Developmet/TOD Batutulis, " kata Bima Arya.

Seperti diketahui, pembangunan jalur ganda kereta api Bogor- Cicurug- Sukabumi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan pembiayaan yang berasal dari Surat Berharga Syariah Nasional dan APBN multiyears/tahun jamak.

Jalur ganda itu sepanjang 57,650 kilometer spoor (km’sp) dan sudah selesai dikerjakan sepanjang 26,6 km’sp pada segmen Paledang Bogor - Cicurug. Sedangkan untuk segmen parsial Cicurug – Sukabumi dengan total sekitar 31,05 km’sp rencananya akan dikerjakan pada tahun ini. 

Jalur ganda KA Bogor – Sukabumi yang nantinya akan dioperasikan oleh PT KAI ini, meningkatkan frekuensi KA penumpang dari 6 trip menjadi 12 trip dan frekuensi KA barang dari 2 trip menjadi 8 trip. Selain itu, juga dapat meningkatkan jumlah rangkaian dari 6 menjadi 8 rangkaian. 

Selain itu, akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari yang semula lebih dari 100 menit menjadi sekitar 80 menit.

Berita Terkait