Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Gedebage - Cilacap Mulai Dibangun Tahun Depan

22 Juni 2022 07:02 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Fakhri Rezy

Ilustrasi. Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Gedebage - Cilacap (Getaci) Mulai Dibangun Tahun Depan/ Foto: TrenAsia.com (trenasia.com)

JAKARTA - Pembangunan Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Getaci) ditargetkan akan mulai dilakukan pada kuartal II-2023 yang saat ini sedang memasuki tahap investarisasi lahan proyek jalan tol tersebut.

Direktur Utama PT Jasamarga Gedebage Cilacap (JGC) Johannes Mancelly mengatakan, hingga saat ini progres identifikasi dan pematokan lokasi Jalan Tol Gedebage - Cilacap seksi 1 Junction Gedebage - Garut Utara untuk wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Garut telah dirampungkan.

"Untuk tindak selanjutnya, progres kebutuhan lahan di Kota Bandung dan Kabupaten Garut sudah masuk tahap proses inventarisasi. Sedangkan untuk Kabupaten Bandung masih dalam proses penerbitan surat keputusan pembentukan tim tanah," kata Johannes dalam keterangan resmi, Selasa, 21 Juni 2022.

Ia berharap proses pengadaan lahan seksi 1 Junction Gedebage - Garut Utara bisa berjalan sesuai target sehingga pengerjaan konstruksi seksi 1 dapat mulai dilaksanakan pada 2023.

PT JGC sebagai pengelola Jalan Tol Getaci ini juga berkomitmen untuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam mempercepat penyelenggaraan pembangunan Jalan Tol Getaci.

Jalan tol dengan ruas terpanjang di Indonesia ini akan melintasi dua provinsi yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan nilai investasi mencapai Rp56 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun.

Adapun total panjang jalan tol ini ialah 206,65 kilometer (km) terdiri dari 4 seksi yakni seksi 1 Junction Gedebage - Garut Utara sepanjang 45,20 km, seksi 2 Garut Utara - Tasikmalaya sepanjang 50,32 km, seksi 3 Tasikmalaya - Patimuan 76,78 km, dan seksi 4 Patimuan - Cilacap.

Berita Terkait