Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Bali Senilai Rp24,6 Triliun Siap Dibangun Juni 2022

08 Maret 2022 19:05 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Laila Ramdhini

Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Sepanjang 96 KM Mulai Dibangun pada Juni 2022/ foto: Kementerian PUPR

JAKARTA - Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, jalan tol kedua di Bali setelah Bali Mandara, akan mulai dibangun pada Juni 2022. Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi memiliki panjang 96,84 kilometer (km) dan dilengkapi dengan jalur khusus sepeda.

Proyek jalan Tol Gilimanuk-Mengwi akan dilaksanakan oleh PT Tol Jagat Kerthi Bali sebagai konsorsium pemenang lelang. Adapun masa pengusahaan jalan tol selama 50 tahun terhitung sejak diterbitkannya surat perintah mulai kerja (SPMK). Tol ini akan menghabiskan investasi sebesar Rp24,6 triliun dengan tingkat pengembalian internal rate of return (IRR) sebesar 11,46%.

Pembangunan jalan tol ini mulai dibangun setelah diperolehnya tanah bebas dan diharapkan selesai serta dapat beroperasi pada November 2024. 

Pada Selasa, 8 Maret 2022, dilakukan penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) Gilimanuk-Mengwi yang menandakan dimulainya pembangunan infrastruktur yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut. 

PPJT tersebut ditandatangani Menteri Basuki Hadimuljono, Kepala Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo, dan Direktur Utama PT Tol Jagat Kerthi Bali Tito Sulostio, di Rumah Jabatan Gubernur Bali.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan seharusnya pembangunan jalan tol ini berada di tengah pulau Bali. Tapi, kalau itu dilakukan akan merusak lingkungan sekitarnya. 

"Sehingga kita mengambil jalur pantai. Nanti akan dilengkapi jalur sepeda karena perlu disesuaikandengan daerah pariwisata," kata Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Selasa, 8 Februari 2022.

Adanya jalan Tol Gilimanuk-Mengwi bisa memangkas waktu tempuh dari Pelabuhan Gilimanuk ke kawasan metropilitan Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Tabanan menjadi dua jam yang sebelumnya enam jam.

Jalan tol ini memiliki 3 seksi yakni seksi 1 Gilimanuk-Pekutatan dengan panjang 54,7 km, seksi 2 Pekutatan-Soka sepanjang 23,17 km dan Soka-Mengwi sepanjang 18,9 km.

Nantinya, terdapat enam simpang susun (SS) di dalam Tol Gilimanuk-Mengwi yakni SS Cekik, SS Banyubiru, SS Negara, SS Pekutatan, SS Soka, dan SS Warnasari. Selain itu, ada jalur khusus pengendara roda dua pada SS Pekutatan-Mengwi sepanjang 40 km.

Berita Terkait