Jalan Tol Akses BIJB Kertajati Resmi Beroperasi untuk Umum

20 Desember 2021 21:30 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Rizky C. Septania

Jalan Tol Bandara Kertajati resmi dibuka untuk umum bertepatan dengan peringatan Hari Jalan setiap tanggal 20 Desember yang diputuskan Kementerian PUPR / Jasamarga.com

JAKARTA – Jalan Tol Akses Bandara  International  Jawa Barat (BIJB) Kertajati akhirnya diresmikan beroperasi dan terbuka untuk umum pada Senin, 20 Desember 2021.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo mengatakan bahwa selain menjadi jalan akses menuju BIJB Kertajati, ruas tol ini juga mendukung pengembangan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat.

Segitga kawasan yakni Kabupaten Subang, Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, kawasan industri di Bekasi, Karawang dan Purwakarta.

“Beroperasinya Tol Bandara Kertajati akan mempermudah akses masyarakat dari dan menuju Bandara Kertajarti sehingga fungsinya melayani mobilitas orang dan barang semakin optimal,” jelas Wempi Wetipo.

Pembangunan Jalan Tol Kertajati menjadi penambahan ruang lingkup yang menjadi bagian dari Jalan Tol Cikampek-Palimanan yang sudah beroperasi sejak lama. 

Diresmikannya Jalan Tol Kertajati ini bertepatan dengan peringatan Hari Jalan setiap tanggal 20 Desember yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PUPR No.1151 Tahun 2021.

Wakil Menteri PUPR Wempi  Wetipo yang menghadiri acara peresmian Jalan Tol  Akses BIJB Kertajati. Secara langung, Ia juga meresmikan jalan tol dengan melakukan proses tapping kartu E-toll di Gerbang Tol Kertajati Utama.

Bersamaan dengan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu diharapkan akan jalan tol ini dapat mendukung konektivitas menuju bandara dengan mengurangi waktu tempuh menjadi 1 jam. 

Berita Terkait