Jakarta International Stadium (JIS) Mulai Dipasang Atap Buka Tutup

19 Februari 2022 08:26 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Rizky C. Septania

Jakarta International Stadium Mulai Dipasang Atap Buka Tutup/ foto: Tangkapan layar

JAKARTA – Jakarta International Stadium (JIS) mulai memasuki tahap pemasangan retractable roof yang menjadikan JIS sebagai satu-satunya stadium yang memiliki atas bisa buka tutup di Indonesia.

Kepala Divisi Sekretaris PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Nadia Diposanjoyo mengatakan dengan adanya atap tersebut memungkinkan stadion dapat digunakan pada saat hujan maupun saat panas terik matahari pada siang hari. Sehingga, saat berlangsungnya pertandingan, konser, konferensi, maupun kegiatan lainnya dapat terus berlangsung.

“Pembangunan JIS tidak sederhana karena prosesnya sangat kompleks, salah satunya pengangkatan dan pemasangan atap buka tutup yang membutuhkan tenaga dan banyaknya risiko,” kata Nadia Diposanjoyo dalam keterangan resmi, Jumat, 18 Februari 2022.

Oleh karenanya, pengangkatan atap stadion diperlukan waktu bersamaan karena beratnya mencapai 3.900 ton. Dan, keberhasilan pengangkatan atap tersebut membuat JIS tercatat dalam rekor muri.

 Selain itu pemasangan atap disertai dengan pemasangan lainnya seperti pemasangan membran ETFE, sky view deck, penyelesaian precast tribun, serta pemasangan kursi regular.

Di samping itu, sedang dikerjakan juga penyelesaian pada area concourse, penyelesaian jahitan pada segmen facade, hardscape, dan landscape di sebelah barat dan ramp timur, serta pekerjaan ground water tank (GWT) dan MEP plant.

Selanjutnya, untuk progres konstruksi stadion JIS saat ini sudah 96,97% hingga minggu ke 128 atau per 18 Ferbruari 2022. Terdapat deviasi positif sebesar 1,30% dari rencana 95,67%.

 

Berita Terkait