Jadi Pahlawan COVID-19, Pemerintah Beri Penghargaan kepada Nakes

18 Agustus 2021 06:29 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Sukirno

Ketua Satgas COVID-19 Ganip Warsito memberikan penghargaan kepada par nakes dalam upaya penanganan COVID-19 yang diselenggarakan di Graha BNPB Jakarta, Selasa, 17 Agustus 2021. (BNPB)

JAKARTA -- Bertepatan dengan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah memberikan penghargaan kepada para tenaga kesehatan (nakes) dan TNI-Polri yang telah membaktikan diri mereka dalam upaya penanganan COVID-19 di Tanah Air.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito kepada perwakilan nakes di Graha BNPB, Jakarta, Selasa, 17 Agustus 2021.

Ganip mengatakan bahwa selama penanggulangan COVID-19 para nakes dan TNI-Polri kurang lebih telah menunjukkan semangat persatuan dan perjuangan menghadapi bencana non-alam tersebut.

Meski ribuan nakes berjatuhan selama penanganan wabah, tetapi semangat dan perjuangan para nakes yang dibantu oleh TNI dan Polri tak pernah kunjung padam. Mereka telah menggelorakan api dalam upaya untuk segera keluar dari pandemi COVID-19.

"Dulu para pejuang kemerdekaan bersatu menghadapi serangan penjajah secara nyata secara fisik. Saat ini, semangat perjuangan dan persatuan yang sama juga harus kita gelorakan dalam peperangan menghadapi musuh yang tidak nyata terlihat secara fisik, tetapi nyata dampaknya bagi jiwa rakyat dan ekonomi bangsa secara keseluruhan, yaitu COVID-19," ujar Ganip dalam keterangan yang diterima TrenAsia.com, Selasa.

Kepala BNPB ini menyebut bahwa komponen nakes yang mendapat penghargaan antara lain dokter, perawat, termasuk Petugas Radiologi, Apoteker dan Ahli Teknologi Laboratorium Medis (ATLM).

Penerima penghargaan nakes diwakili oleh Fathiyah Isbaniah SpP dan Mariya Mubarika (Dokter); Ilona Veronika Munte dan Suwandi (Perawat); Firdha Adila Syuhada dan Rizky Kahar (Radiologi); Agung Prasetyo dan Mujitahid Muhadli (ATLM); serta Sevty Sera & Gina Arifah (Apoteker).

Selain nakes dan TNI-Polri, pemerintah juga memberikan penghargaan kepada relawan yang selama ini sudah berjibaku dalam upaya penanggulangan COVID-19 sejak Maret 2020.

"Penghargaan ini mungkin nilainya tidak seberapa, tetapi ini adalah simbol dari upaya kita bersama dalam mengatasi Pandemi COVID-19," pungkas Ganip.

Ganip pun menyampaikan empati yang mendalam diiringi dengan penghargaan tertinggi dan doa yang terbaik agar para pahlawan kemanusiaan yang telah gugur diterima di sisi Tuhan yang Maha Esa.

Dia berpesan bahwa perjuangan dalam menangani pandemi COVID-19 belum usai. Dia berharap para nakes dan TNI-Polri menjadi komponen terdepan yang menyerukan penerapan protokol kesehatan.

"Mari kita semua menjaga diri sendiri untuk bisa menjaga keluarga, menjaga saudara, menjaga masyarakat dan bangsa," katanya.*

Berita Terkait