Jadi Lender Investree, BPR Lestari Bali Siapkan Rp10 Miliar untuk UKM

14 September 2021 15:46 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Amirudin Zuhri

Pekerja menyelesaikan pembuatan produk di kios sentra kerajinan berbahan rotan di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin, 13 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia (trenasia.com)

JAKARTA — Penyelenggara fintech peer-to-peer lending, Investree menjalin kemitraan dengan PT BPR Lestari Bali guna memperluas pembiayaan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Kemitraan ini menjadikan menjadikan BPR Lestari masuk ke dalam jajaran pendana institusi Investree. Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi, mengatakan, perusahaan membuka pilihan pendanaan bagi pendana institusi, termasuk bank.

"Kami membuka kesempatan bagi berbagai jenis bank untuk berkolaborasi termasuk Bank Perkreditan Rakyat," kata Adrian, dalam keterangan resmi, Selasa September 2021.

Dan dalam kerja sama ini, BPR Lestari berkomitmen untuk menyediakan angka penyaluran pinjaman sebesar Rp10 miliar. Namun sesuai dengan ketentuan regulator, nilai pembiayaan setiap pinjamannya tetap maksimal Rp2 miliar.

Sinergi ini, lanjut Adrian, sebagai bentuk kesamaan visi-misi untuk meningkatkan inklusi keuangan. Juga mendukung BPR Lestari yang sedang bergerak atau bertransformasi ke arah digital.

"Justru kami melengkapi fungsi perbankan khususnya dalam memenuhi permintaan masyarakat terhadap akses pembiayaan yang lebih praktis," terang dia.

Dalam kesempatan sama, Chairman Lestari Group, Alex P. Chandra bersyukur karena BPR Lestari akhirnya mendapatkan lampu hijau untuk ikut dalam permainan digital yang sedang berkembang pesat.

"Setelah membangun mobile banking dan ekosistem merchant melalui Lestari Diskon, sekarang kami mulai berkolaborasi dengan platform fintech terseleksi, salah satu yang terbaik adalah Investree," terangnya.

Ia mengatakan, kerja sama ini tidak hanya bertujuan untuk mendukung pertumbuhan pelaku UKM di Bali dari segi pembiayaan, tapi juga pelaku UKM di luar Bali yang membutuhkan dukungan pinjaman mudah dan cepat.

Sehingga jangkauan layanannya akan sangat luas. BPR Lestari dari Bali akan bisa dan leluasa mendanai pelaku UKM di luar Bali, Pulau Jawa, sampai seluruh Indonesia yang masuk ke dalam cakupan layanan platform Investree.

Dongkrak Kinerja BPR

Dari kolaborasi ini, BPR Lestari berpotensi memperluas cakupan pembiayaan serta meningkatkan daya saing mereka sebagai bank. Di bawah naungan Lestari Group dan bersama dengan 7 BPR afiliasi lainnya yang berada di Pulau Jawa, BPR Lestari mencatatkan total aset grup Rp8,1 triliun.

BPR Lestari bergerak untuk semakin memperluas layanan di luar Bali.  Kehadiran produk digital pun mulai diluncurkan untuk mempermudah berbagai transaksi perbankan seperti mobile banking LestariMobile, fasilitas diskon di ribuan merchant LestariDiskon, dan berbagai fasilitas digital lain.

Kerja sama ini memudahkan BPR Lestari sebagai pemberi pinjaman atau lender institusi dalam mendanai penawaran pinjaman yang diajukan oleh para peminjam yang mayoritas merupakan pegiat UKM dari berbagai sektor usaha melalui platform Investree.

Terutama bagi badan usaha yang belum memenuhi persyaratan perbankan dalam memperoleh pembiayaan. Dari setiap fact sheet yang nantinya disediakan oleh pihak Investree, BPR Lestari akan memilih penawaran pinjaman sesuai dengan preferensi maupun profil risiko mereka.

Untuk saat ini, penyaluran pembiayaan tidak akan terbatas pada bidang atau sektor usaha tertentu. Artinya, peminjam dari bidang usaha apapun memiliki kesempatan untuk bisa dibiayai oleh BPR Lestari.

Berita Terkait