Itemku Luncurkan Media dan Forum Diskusi Khusus Pecinta Game

January 18, 2021, 06:42 PM UTC

Penulis: Fajar Yusuf Rasdianto

Platform Itemku / Dok. Itemku.com

Jakarta – Lokapasar khusus produk produk digital, Itemku resmi meluncurkan media bernama EXP dan forum daring khusus game. Ini adalah upaya Itemku untuk memberikan konten berkualitas sekaligus wadah diskusi bagi para pecinta gim di Indonesia.

Content Lead Itemku Dika Satrio mengatakan, ide ini muncul lantaran rerata media gim di Indonesia hanya fokus pada pelaporan. Sangat sedikit yang coba mengupas topik tertentu secara mendalam.

“EXP memberikan informasi seputar game yang tidak hanya melaporkan tapi juga memberi perspektif,” ungkap Dika dalam siaran persnya, Senin,m 18 Januari 2021.

Konten-konten EXP akan berusaha membahas topik-topik yang jarang dikupas dari sebuah gim. Misalnya, tentang ‘Fitur Save Game’. Pernah pula mengulas bagaimana CD Projekt Red mengembangkan game Cyberpunk 2077.

Menurut Dika, pembahasan ini dapat memberikan edukasi ke masyarakat bahwa dunia gim sejatinya sangat menarik dan penting. Bukan cuma buat anak-anak, tapi juga bagi para kalangan dewasa.

“Dengan begitu pengetahuan pembaca tidak terbatas pada apa dan kapan, tapi juga mengapa dan bagaimana,” ucap Dika.

Walau begitu, bukan berarti EXP menyepelekan laporan ringkas. Itulah kenapa EXP menyediakan rubrik “Viral” yang berisi berita-berita singkat tentang topik yang sedang hangat. Selain Viral, ada rubrik Feature, Guide, Review, Esports, Indonesiana, Meta, Opini, Pertanyaan Penting, dan Trivia.

“Yang jelas kami ingin EXP lebih dikenal masyarakat. Bisa dengan menjadi media partner event game atau terpilih sebagai salah satu nominasi penghargaan media game tahunan,” tutur Dika.

Gamer Melesat

Saat ini, pecinta gim di dunia meningkat pesat seiring dengan keterbatasan aktivitas lantaran COVID-19. Sepanjang 2020, lembaga riset DFC Intelligence menyebut terdapat sebanyak 3,1 miliar orang atau sekitar 405 penduduk bumi bermain gim.

Sementara di Indonesia, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebut bahwa jumlah gamer 16,5%. Rerata pemain bar memanfaatkan gim sebagai sarana hiburan selama pandemi COVID-19.

Angka itu pula yang menjadi salah satu alasan itemku menghadirkan Forum. Software Developer Itemku Nandhika Harahap mengatakan, forum ini nantinya dapat menampung asprirasi para gamer dari semua kalangan.

“Untuk tahun depan target kami adalah bisa menampung 100,000 pengguna aktif di Forum.”

Para gamer kini sudah bisa mengakses EXP dan Forum. EXP dapat dibuka melalui laman exp.itemku.com. Adapun, Forum dapat dikunjungi lewat forum.itemku.com.

“Akan selalu ada fitur-fitur terbaru yang di-update terus menerus,” tambah dia.

Tags: Itemku, Gamer