iPrice Tempatkan Shopee Jadi Raja E-Commerce di Kuartal Keempat 2020

13 Februari 2021 09:06 WIB

Penulis: Reky Arfal

Ilustrasi / Dok. ShopeePay

JAKARTA-Platform e-commerce Sea Group, Shopee bertengger di puncak e-commerce Indonesia pada 2020 dengan jumlah terbanyak pengunjung situs.

Menurut peta persaingan e-commerce yang dikeluarkan oleh iPrice Group, pada 2020 Shopee mencatat rata-rata bulanan kunjungan lebih dari 90 juta. Sedangkan Tokopedia menjadi e-commerce terpopuler kedua dengan rata-rata kunjungan bulanan lebih dari 80 juta.

Torehan terbaik Shopee pada Q4 2020 ketika memiliki rata-rata 129 juta kunjungan situs per bulan, sedangkan Tokopedia rata-rata 114 juta kunjungan per bulan. Ini dapat dikaitkan dengan promo masing-masing ec-commerce dalam persaingan mengakuisisi pengguna.

Dalam hal kinerja aplikasi, lewat App Annie, Shopee secara konsisten berada di peringkat pertama di PlayStore Google dan App Store Apple sejak Q1 2020. Bahkan menempati posisi teratas sejak Q4 2019.

Sementara itu, Tokopedia berada di peringkat kedua App Store dari Kuartal 1 hingga K4 2020. Di Play Store, Tokopedia duduk di posisi ketiga di Periode Q1-Q2, di belakang Lazada, dan di urutan keempat posisi di periode Q3-Q4 di belakang Sociolla dan Lazada.

Pengikut Terbanyak

Menurut data dari Statista Facebook masih jadi pemuncak platform social media yang memiliki pengguna terbanyak di dunia. Pada Q4 2020 ini Lazada memiliki likes terbanyak yaitu 30 jutaan, peringkat kedua ada Shopee dengan 19 jutaan likes dan diikuti Sephora dengan angka yang sama yaitu 19 jutaan likes.

iPrice juga memeringkat platform e-commerce berdasarkan pengikut media sosial. Pada terpantau Trenasia, Jumat 12 Februari 2021, Tokopedia memiliki pengikut terbanyak di Twitter, yaitu 716.000. Kemudian disusul Shopee dengan 554.000 pengikut, dan BliBli berdiri di posisi ketiga dengan total 516.000 pengikut.

Sedangkan untuk Instagram, Shopee Indonesia menduduki peringkat pertama dengan total pengikut sebanyak 7.1 jutaan, lalu diikuti oleh Lazada Indonesia dengan total pengikut 2.6 jutaan. Pada posisi ketiga ada Tokopedia dengan total pengikut 2.4 jutaan selama 2020 kemarin.

Pandemi telah membawa tren perubahan yang kuat dalam dunia online untuk bisnis dan konsumen, Pasalnya, pergeseran kebiasaan akibat social distancing membuat banyak orang harus melakukan aktivitas jual beli secara digital.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja memprediksi tren pasar e-commerce Indonesia untuk tahun 2021 bahwa pembayaran digital menjadi metode pembayaran paling favorit ketika berbelanja di e-commerce.

Penggunaan e-wallet untuk transaksi juga semakin meningkat dari waktu ke waktu di Indonesia. Riset iPrice bersama Jakpat tahun 2020 menyebutkan bahwa sebanyak 30% dari responden memilih transfer bank dan 26% responden menggunakan e-wallet atau e-money untuk pembayaran berbelanja online.

Berita Terkait