Investree Singapore Pte Ltd Akuisisi 18,4 Persen Saham Amar Bank

13 Mei 2022 12:44 WIB

Penulis: Agnes Yohana Simamora

Editor: Rizky C. Septania

Investree Singapore Pte Ltd Akuisisi Saham Minoritas Signifikan Amar Bank (Bank AMAR)

JAKARTA – Tolaram Group Inc.(Tolaram), pemegang saham pengendali PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR), dan Investree Singapore Pte Ltd (Investree Group) menandatangani perjanjian transaksi terkait akuisisi Investree Group atas saham minoritas sebesar 18,4% di saham Amar Bank.

Direktur Investree Group dan Co-Founder sekaligus CEO Investree Adrian Gunadi, mengatakan perjanjian ini merupakan bagian terciptanya kolaborasi antara fintech dan perbankan untuk melakukan inovasi produk, layanan pembiayaan digital, solusi bisnis, dan juga memperluas jaringan kepada calon debitur/UMKM di kota jaringan Amar Bank.

"Investree Group sangat antusias dengan besarnya potensi pasar perbankan Indonesia serta peluang untuk mendorong inklusi keuangan di negara ini," kata Adrian, dikutip dalam keterangan resmi, Jumat 13 Mei 2022.

Tercatat, sekitar 92 juta orang dewasa yang tidak memiliki rekening bank (unbanked) dan 47 juta yang kurang terlayani bank (underbanked) di Indonesia. Sementara itu, segmen UMKM tengah berkembang pesat tetapi kurang dilayani bank dan menyumbang sekitar 60% dari PDB.

Di kesempatan yang sama, Managing Director, Fintech & Infrastructure Tolaram Navin Nahata, mengatakan kerja sama dengan Investree dapat membangun Amar Bank menjadi bank digital terkemuka yang berfokus pada kebutuhan konsumen dan UMKM.

Dengan diakuisisinya saham minoritas di Amar Bank, diharapkan adanya peningkatkan inklusi keuangan dapat dipercepat, dapat mengembangkan  produk-produk pembiayaan dan menawarkan solusi bisnis digital yang lebih luas untuk mengangkat level operasional UMKM di Indonesia.

Berita Terkait