Investor Kakap di Balik e-Commerce Terlaris 2021

03 September 2021 12:01 WIB

Penulis: Ananda Astri Dianka

Editor: Sukirno

Ilustrasi belanja online di start up e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, dan marketplace lain. Ilustrator: Deva Satria/TrenAsia (Trenasia.com)

Perusahaan-perusahaan raksasa dunia berbondong-bondong untuk menggarap bisnis lewat e-commerce di Indonesia lantaran potensi pasar yang jumbo. Sejumlah perusahaan rintisan (start up) e-commerce Indonesia kebanjiran investor kakap global.

Memang, Indonesia merupakan salah satu pemain ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, Kementerian Keuangan melaporkan nilai transaksi digital Tanah Air menyentuh angka Rp638 triliun pada 2020.

Dari sederet sektor yang bertransformasi, e-commerce menjadi penunggang utama perkembangan ekonomi digital di Indonesia. Menurut riset Google, Temasek, dan Brain bertajuk e-Conomy SEA 2020, Gross Merchandise Value (GMV) dari e-commerce mampu tumbuh 1.135,3% dari US$1,7 miliar pada 2015 menjadi US$21 miliar pada 2019.

Tren pertumbuhan pesat sektor e-commerce itu diprediksi bakal menembus US$82 miliar pada 2025. Di tengah suburnya ladang e-commerce, tentu kita bisa melihat siapa saja pemain utama yang melenggang menikmati kejayaan era ekonomi digital.

Lantas siapa jawara e-commerce di Indonesia? Berikut ini adalah sederet e-commerce yang paling laris berdasarkan data statistik iprice.co.id.

 

Investor di Balik E-Commerce Terlaris (1).jpg

Berita Terkait