Investasi Emas di Pegadaian Digital Mulai Rp50 Ribu

February 23, 2021, 10:08 PM UTC

Penulis: Aprilia Ciptaning

Karyawati menunjukkan emas batangan di gerai emas Pegadaian, Jakarta, Selasa, 15 Desember 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia

JAKARTA – PT Pegadaian (Persero) mengajak masyarakat untuk membuka rekening tabungan emas melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Sekretaris Pegadaian R. Swasono Amoeng mengatakan, masyarakat dapat melakukan setoran awal sebesar Rp50.000.

“Selain itu, pembukaan rekening lewat aplikasi akan mendapatkan fasilitas gratis biaya pengelolaan rekening untuk tahun pertama,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima TrenAsia.com, Selasa, 23 Februari 2021.

Menurutnya, emas dapat digunakan sebagai dana cadangan maupun dana darurat sebagai investasi jangka panjang. Terkait hal ini, Amoeng menyebut keunggulannya terletak pada produknya yang berupa logam mulia dan tahan terhadap inflasi. Di samping itu, aset emas juga nyata dan mudah dicairkan.

Untuk membuka rekening tersebut, langkah awal yang perlu dilakukan yakni mengunduh aplikasi Pegadaian Digital di handphone. Setelah itu, masyarakat mendaftar dengan mengisi data diri dan melengkapi identitas lainnya.

Amoeng juga menambahkan, tabungan ini memiliki jaminan emas 24 karat dan biaya pengendapan rekening yang rendah, yakni Rp 30.000 per tahun.

Kemudian, pembelian emas juga bisa dimulai dari 0,01 gram serta dapat dicetak fisik. Opsi lain pun disediakan jika pengguna ingin melakukan transfer ke sesama pemilik tabungan emas.

Terakhir, tabungan ini juga bisa dicairkan atau buyback, maupun digadaikan melalui fitur Gadai Tabungan Emas.

“Tabungan emas dihadirkan untuk transaksi produk–produk Pegadaian. Jika emas sudah sebesar 3,5 gram, masyarakat dapat mendaftarkan diri untuk dijaminkan di produk Pembiayaan Porsi Haji,” kata dia. (SKO)