Investasi Daerah Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi

JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut investasi daerah merupakan salah satu kunci pendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Strategi dapat dilakukan dengan meningkatkan promosi perdagangan dan investasi di daerah maupun nasional,” ujarnya dalam West Java Investment Summit (WJIS) secara virtual kemarin, Senin, 16 November 2020.

Selain investasi, kata Perry, ada dua kunci penting lainnya untuk membangun sinergi dan optimisme.

Ia menjelaskan, masyarakat harus meyakini bahwa perbaikan ekonomi Indonesia terus berlanjut. Dengan pertumbuhan ekonomi yang diprediksi mulai positif pada triwulan IV, tahun depan ekonomi bisa tumbuh 5%.

“Pertumbuhan yang positif harus diyakini akan meningkat hingga lima tahun ke depan. Ini didukung oleh perbaikan konsumsi, ekspor, dan investasi,” ungkap Perry.

Kedua, sinergi kebijakan ekonomi nasional antara pemerintah, BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan berbagai instansi/lembaga akan menumbuhkan perbaikan ekonomi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan, indikasi positif lain ditandai dengan meratanya investasi.

“Investasi yang berkualitas tidak hanya di Jawa, namun juga di luar Pulau Jawa dengan didukung perbaikan infrastruktur,” kata Bahlil.

Proyek investasi pun semakin didorong melalui komoditas strategis, untuk memperluas akses pasar internasional.

Hal ini bisa dijalankan dengan meningkatkan ekspor. Sebab, kegiatan ini dianggap sebagai platform bagi investor dan buyer untuk melakukan transaksi.

Setelah itu, diskusi pun akan dilakukan oleh project owners, pelaku usaha, pemerintah daerah, serta stakeholders.

“Investasi diharapkan dapat mendukung perdagangan Indonesia, dengan negara mitra yang semakin baik untuk mendorong percepatan PEN,” ungkap Bahlil.

Tags:
Bank IndonesiaBIInvestasi daerahPemulihan Ekonomi NasionalPENperdagangan internasional
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: