Intip Makna Logo dan Tema HUT ke-76 RI

03 Agustus 2021 11:00 WIB

Penulis: Daniel Deha

Editor: Rizky C. Septania

JAKARTA -- Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 pada 17 Agustus 2021 mendatang. 

Pemerintah pun telah merilis logo dan tema untuk memaknai momentum proklamasi kemerdekaan RI tersebut. Lalu apa makna dan tema perayaan HUT ke-76 RI?

Melansir publikasi Sekretariat Negara, pada prinsipnya makna logo dan tema perayaan HUT ke-76 RI tahun ini menunjukkan komitmen dan visi Indonesia untuk menjadi bangsa yang tangguh di masa depan, serta terus bertumbuh dari waktu ke waktu.

Adapun logo HUT ke-76 RI menampilkan dua warna dominan, yaitu merah dan putih. Warna merah menjadi warna background, sedangkan putih menjadi warna tulisan.

Di bagian tulisan, ada dua bagian, yaitu angka 76 dan "TH". Angka 7 dibuat sedikit lebih tinggi dibanding angka 6.

Pada bulatan angka 6 sendiri, lebih terlihat seperti bentuk lingkaran roda. Kemudian, pada bagian atas angka 6, tertulis dua huruf yang bergandengan "TH".

Menurut penjelasan Setneg, bentuk angka "7" diasosiasikan sebagai bagian dari "tiang pancang" infrastruktur yang sedang dicanang oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia.

Bentuk ini juga lebih terlihat seperti "Kepala Garuda" yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

Sementara, bentuk angka "6" diasosiasikan sebagai "orang dan roda yang sedang bergerak" terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Kemudian, ada bentuk garis sejajar diantara angka 7 dan 6 yang diasosiasikan sebagai "ruang". Bentuk ini melambangkan kehidupan demokrasi dimana ada ruang bagi masyarakat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Ruang tersebut juga dapat diartikan sebagai bentuk "panah" yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

Sementara itu, bentuk "lingkaran" merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Bentuk ini juga dapat diasosiasikan "persatuan" Indonesia.

Kemudian, pada logo itu juga disertai tulisan tema perayaan HUT ke-76 RI yakni "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh" yang dibuat simetris, dengan tulisan "Indonesia Tumbuh" lebih tebal dari "Indonesia Tangguh".

Tema ini dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara melalui Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor: B.446/M/S/TU.00.04/06/2021 tertanggal 16 Juni 2021.

Adapun makna tema yang diusung kali ini yaitu menjelaskan nilai-nilai optimisme dan kekuatan serta kekokohan bangsa Indonesia untuk terus maju meski diterpa badai.

Wujud visi tersebut kemudian digambarkan dalam komposisi dinamis antarbentuk geometris yang sederhana tetapi kokoh dan dalam perpaduannya bergeliat untuk memancarkan energi yang kuat.

Logo dan tema yang dirancang pemerintah ini selanjutnya akan dipakai oleh seluruh jajaran pemerintah dari pusat sampai ke daeerah.

Selanjutnya, logo dan tema HUT RI ke-76 ini akan diimplementasikan ke dalam berbagai bentuk media, seperti desain/tampilan website/media sosial, tayangan pada media televisi dan online, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan/alat transportasi umum dan dinas, produk suvenir, media publikasi cetak dan elektronik, dan lain-lain, sesuai kemampuan masing-masing.

Adapun tahun ini, perayaan HUT RI ke-76 masih diselenggarakan secara virtual dengan peserta yang menghadiri perayaan di Istana Negara Jakarta dibatasi dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sementara, masyarakat di seluruh tanah air diminta untuk mengikuti momentum bersejarah bangsa Indonesia tersebut dengan bersama-sama menyanyikan Lagu Indonesia Raya ketika Sang Saka Merah Putih dikibarkan.*

Berita Terkait