Intip 5 Proyek Bendungan Jumbo yang Digarap Brantas Abipraya

27 Mei 2022 15:40 WIB

Penulis: Liza Zahara

Editor: Fakhri Rezy

Ilustrasi. Intip 5 Proyek Bendungan Jumbo yang Digarap Abipraya/ Foto: Kementerian PUPR

JAKARTA - PT Brantas Abipraya (Persero) terus melakukan pembangunan bendungan-bendungan besar yang ada di Indonesia.

Bendungan merupakan salah satu infrastruktur yang ditargetkan pemerintah selesai tepat waktu agar segera membantu masyarakat untuk mendapatkan air bersih, membantu suplai air pertanian, hingga menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Berikut TrenAsia.com rangkum lima proyek bendungan jumbo yang dibangung oleh Brantas Abipraya.

Bendungan Mbay

Ilustrasi BEndungan Mbay/ Foto: Kementerian PUPR

Bendungan Mbay menjadi salah satu Proyek Strategi Nasional (PSN) yang sedang dibangun Abipraya. Lokasi bendungan ini berada di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ditargetkan rampung pada 2024.

Bendungan Mbay dibangun dengan anggaran Rp1,915 triliun yang mampu menghasilkan air baku 0,21 meter kubik (m3)/detik dan memberikan manfaat irigasi untuk 5.928 hektare (Ha) lahan pertanian.

Bendungan Sepaku Semoi

Ilustrasi Bendungan Sepaku Semoi/ Foto: Kementerian PUPR

Bendungan Sepaku Semoi merupakan bendungan penopang air baku dan ketahanan pangan di Ibu Kota Negara (Nusantara). Bendungan ini nantinya memiliki daya tampung 11 juta m3 dengan debit air 2.500 liter.

Progres pembangunan bendungan sepaku semoi mencapai 45% yang pengerjaannya mulai dibangun sejak Juli 2020. Bendungan Sepaku Semoi ini memiliki luas kurang lebih 378 Ha dengan tinggi bendungan 25 meter (m) dan panjang 45 m.

Bendungan Bener

Ilustrasi BEndungan Bener/ Foto: Kementerian PUPR

Pembangunan Bendungan Bener direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 100.94 m3 yang diharapkan dapat mengairi lahan seluas 15069 Ha, mengurangi debit banjir 210 m3, menyediakan pasokan air baku 1,60 m3/detik, dan menghasilkan lsitrik sebesar 600 mega watt (MW)

Proyek bendungan ini berada di Kabupaten/Kota Purworejo, Jawa Tengah. Bendungan Bener digadang-gadangkan menjadi bendungan tertinggi di Indonesia dengan Rp2,60 triliun.

Bendungan Semantok

Ilustrasi Bendungan Semantol/ Foto: pu.go.id

Abipraya juga sedang membangunan Bendungan Semantok yang letaknya berada di Nganjuk, Jawa Timur yang pengerjaannya ditargetkan rampung pada 2022 dengan pengerjaan dimulai sejak 2017 silam.

Bendungan Semantok bakal menjadi bendungan terpanjang di Asia Tenggara dengan anggaran konstruksi senilai Rp1,7 triliun terdiri dari 2 paket pekerjaan.

Bendungan Ciawi

Ilustrasi Bendungan Ciawi/ Foto: Kementerian PUPR

Bendungan kering pertama di Indonesia ini berada di Ciawi, Jawa Barat yang pengerjaannya ditargetkan rampung tahun ini untuk meningkatkan kapasitas pengendalian banjir di Jakarta.

Pengerjaan proyek ini membutuh dana sebesar Rp798,7 miliar dengan memiliki kapasitas 6.05 juta m3 dan luas genangan 39.40 hektare.  

Berita Terkait