Instagramable! Wajib Punya 9 Tanaman Hias Indoor Ini

JAKARTA – Saat aktivitas masyarakat lebih banyak dihabiskan di rumah, hobi berkebun atau bercocok tanam kembali marak ditemui. Oleh sebabnya, berbagai tanaman hias kini menjadi buruan banyak orang.

Anda bisa memilih berbagai jenis tanaman yang cocok dengan kondisi rumah, baik diletakkan di dalam atau di luar rumah. Asal bisa memilih tanaman yang tepat serta tahu cara merawatnya, tanaman akan tumbuh subur dan menambah nilai estetika di rumah.

Berikut adalah rekomendasi tanaman hias indoor yang bentuknya sangat unik dan cantik.

1. Euphorbia Caput-Medusae

Tanaman asal Afrika Selatan yakni Euphorbia caput-medusae atau kepala Medusa ini memiliki bentuk seperti cabang-cabang yang membentuk menyerupai mangkuk.

Untuk menanamnya, Anda harus memastikan tanaman mendapat sirkulasi udara yang baik agar tidak terkena penyakit tanaman hias.

2. Pencil Cactus

Sumber: thespruce.com

Memiliki nama ilmiah Euphorbia tirucalli, tanaman ini lebih dikenal sebagai pencil cactus atau kaktus pensil.

Batangnya tampak ramping dengan banyak cabang dan tanpa daun. Bentuknya membuat siluetnya tampak unik dan menarik, beda dari tanaman sukulen pada umumnya.

3. String of Pearls

Sumber: fieldnotesbystudioplants.com

Masih berasal dari Afrika Selatan,  String of Pearls termasuk dalam tanaman merambat yang bisa ditanaman di dalam rumah.

Tanaman ini memiliki tampilan seperti rangkaian kacang polong atau rangkaian mutiara berwarna hijau. Jika sedang berbunga, akan muncul bunga putih yang beraroma mirip kayu manis.

Agar tampilannya lebih menarik, tanamlah tanaman hias ini di dalam pot gantung kesayangan Anda.

4. Haworthia Cooperi

Sumber: floweraura.com

Berikutnya, ada tanaman Haworthia cooperi yang sering disalah pahami sebagai kaktus.

Termasuk dalam famili Liliaceae, tanaman ini sangat unik dengan tampilan seperti kumpulan balon air mini. Sebenarnya, bagian tersebut merupakan bagian daun berisi cairan bening.

Nah, tampilan inilah yang membuat Haworthia cooperi dapat menjadi dekorasi alami yang menarik di hunian.

5. Euphoria Obesa

Sumber: worldofsucculents.com

Tanaman yang termasuk keluarga kaktus ini memiliki bentuk bundar, meskipun banyak yang serupa, tapi tampilan yang satu ini benar-benar tampak menyerupai bola.

Oleh karenanya, tamana ini lebih dikenal dengan baseball plant di pasaran. Ukurannya yang tidak terlalu besar, hanya mencapai tinggi sekitar 15 cm, membuat tanaman satu ini bisa jadi pilihan terbaik untuk menghiasi meja atau rak di rumah.

6. Corkscrew Grass

Sumber: bridgeforworld.org

Bentuknya yang sangat unik membuat tanaman ini sedap dipandang mata. Bagaimana tidak, tumbuhan ini tampak seperti serutan kayu yang menggulung dan berwarna hijau.

7. Wine Cup

Sumber: worldofsucculents.com

Tanaman yang akrab disebut wine cup ini memiliki nama latin  Crassula umbella. Bentuk daunnya terlihat seperti kue cucur, besar dan melengkung dengan putik bunga di bagian tengah.

Jika ditanam dalam pot, tingginya bisa mencapai sekitar 15 cm.

8. Trachyandra Tortilis

Sumber: reddit.com

Mirip dengan Corkscrew Grass, penampilan tanaman ini layaknya kumpulan ular kecil hijau yang melilit batang pohon.

Tanaman cantik yang meliuk-liuk dan lentur ini habitat aslinya berada di Afrika Timur dan Selatan ini. Dengan keunikannya, tumbuhan ini banyak memiliki penggemar tersendiri.

9. Pregnant Onion

Sumber: floweraura.com

Bentuknya seperti bawang bombay berwarna hijau, dengan daun yang panjang di bagian atas. Biasanya, orang menanam Pregnant Onion di dalam pot kecil sebagai penghias meja.

Menariknya, tanaman hias ini akan berdaun dan berbunga sepanjang tahun loh.

Tags:
kaktusrekomendasi tanaman hiasrekomendasi tanaman hias indoorsukulentanamn hias indoor
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Lihat Semua Artikel ›

%d blogger menyukai ini: