Inspirasi dari 5 Celebpreneur. Artis Idola Sukses Berbisnis, Kamu?

JAKARTA – Popularitas lima artis ini menjadi pijakan mereka dalam menjalani bisnis. Namun, ada hal lain yang ternyata ingin dijajaki agar bisnis mereka tak hanya bersifat sementara, bisa bertahan seterusnya.

Seolah ingin memanfaatkan kesempatan yang ada dengan ketenaran yang dimiliki, lima artis ini mencoba peruntungan di dunia bisnis.

Mereka menyadari gemerlap selebritas tak akan bertahan lama. Bagai roda yang berputar, limpahan materi yang sekarang dinikmati sewaktu-waktu mungkin tak dirasakan lagi.  

Artis muda bermunculan dengan talenta yang tak kalah dibandingkan seniornya. Persaingan mendapatkan job semakin keras. Untuk itu, para artis ini harus menyiapkan sumber penghasilan baru.

Dengan demikian standar hidup mereka akan tetap sama sekalipun tidak lagi menjadi artis.

Berikut inspirasi yang bisa dipetik dari lima artis yang sukses berbisnis. Siapa tahu salah satunya adalah idola kamu yang mungkin bisa membuat kamu bersemangat memulai bisnis.

Rossa dan Super Junior / Facebook @RossaOfficial

Rossa

Rossa kini tak hanya dikenal sebagai biduan cantik. Ibu satu anak itu juga sukses menjadi pebisnis. Sederet bisnis seakan tanpa lelah ditekuni Rossa, seperti karaoke, mode, properti (jual beli rumah dan sewa villa), hingga parfum.

Bahkan bisnis parfumnya telah merambah Malaysia dan Singapura. Tak hanya itu, bisnis karaokenya sudah mencapai lebih dari 50 outlet. Rossa berpendapat kesuksesannya berbisnis tak lepas dari passion.

Ia mencontohkan bisnis karaoke yang dirintisnya atas dasar kecintaannya pada dunia tarik suara. Atau bisnis properti lantaran senang melihat rumah-rumah bagus.

Passion itu yang membuatnya tak pernah lelah membesarkan bisnisnya sekalipun tak jarang menghadapi banyak kendala.  Rossa juga menyarankan pemilihan lokasi usaha. Sebaiknya memiliki akses yang strategis, mudah dicapai dari segala arah.

Selain itu, selalu memberikan service yang terbaik kepada pelanggan. Dengan demikian kamu tidak akan menemui kesulitan jika melakukan ekspansi bisnis atau meluncurkan produk baru.

Maia Estianty dan tiga anaknya / Facebook @MaiaEstianty76

Maia Estianty

Maia, penyanyi yang sukses membesarkan Duo Ratu, semakin jaya dengan berbagai bisnis yang digelutinya. Bisnis properti dilakoni Maia dengan membeli apartemen yang kurang bagus kemudian didesain hingga apik dan dijual.

Kecintaannya pada dunia musik mendorong Maia berbisnis karaoke dengan keuntungan yang tidak main-main. Bisnis kecantikan juga dilakoni pendiri Duo Maia ini. Maia mengaku musik kini bukan menjadi pekerjaan utama melainkan sebatas hobi.

Mengapa Maia getol membangun beragam bisnis? Ia beranggapan jika satu bisnis bangkrut, bisnis yang lain akan menopang kehidupannya. Maia berharap kelak bisnis yang dirintisnya ini menjadi warisan untuk tiga anaknya.

Christian Sugiono dan Titi Kamal / Facebook @Christian-Sugiono

Christian Sugiono

Aktor dan model Christian Sugiono mengaku lebih suka menjadi pebisnis. Bisnis media online dan online dating sukses dibesarkannya.

Tian, demikian ia biasa disapa, beralasan melalui dua bisnis itu ia bisa menyalurkan minatnya dalam menciptakan sesuatu. Menghasilkan konten dan bekerja di belakang layar dirasakan lebih nyaman untuk suami artis Titi Kamal ini.

Tian yang berkuliah di jurusan teknologi informasi di Jerman ini melihat perkembangan digital marketing yang cukup bagus di Indonesia dibandingkan negara lainnya di Asia Tenggara mendorongnya terjun di bisnis ini.

Tian memberi saran jika kamu ingin sukses berbisnis, berikan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat dan ciptakan produk yang bermanfaat.

Wulan Guritno / Facebook @WulanGuritno

Wulan Guritno

Wulan, artis blasteran Jawa-Inggris, ini selain masih aktif di industri hiburan juga menjajal bisnis perawatan kecantikan dan restoran Jepang. Baginya, title artis yang disandang di satu sisi menguntungkan dirinya dalam berbisnis, tapi di sisi lain membebaninya.

Jika ia melakukan kesalahan, komplain yang diterima seakan tak ada habisnya. Alasan Wulan berbisnis adalah tidak ingin hidupnya monoton. Apalagi, melalui bisnis ia bisa berkenalan dengan orang baru setiap harinya.

Wulan selalu berinovasi memuaskan para pelanggan sebab ia sadar adanya pasang surut. Caranya ia mencari tahu apa yang digemari masyarakat saat ini, apa keinginan pasar.

Tak pernah berhenti belajar menjadi kiat sukses Wulan dalam berbisnis.

Dude Harlino dan Alyssa Soebandono / Facebook @dudee.harlino

Dude Harlino

Aktor Dude Harlino memilih berbisnis penganan oleh-oleh khas Yogyakarta. Alasannya, Yogyakarta merupakan destinasi wisata favoritnya bersama keluarga.

Suami artis Alyssa Soebandono ini juga melihat membanjirnya wisatawan domestik dan mancanegara di Yogyakarta menjadi peluang yang bagus untuk menjajal usaha oleh-oleh Yogyakarta yang kekinian.

Dude mengaku tidak akan meninggalkan dunia akting yang telah membesarkan namanya. Ia mengungkapkan, membuka usaha dengan tujuan memberikan lapangan pekerjaan kepada sebanyak mungkin orang.

*Konten artikel ini berasal dari berbagai sumber.

Tags:
Artisartis indonesiacelebpreneurchristian sugionodude harlinoenterpreneurenterpreneurshipHeadlinekewirausahaanMaia EstiantypenyanyiRossaSelebrititips sukseswirausahawulan guritno
%d blogger menyukai ini: