Inilah Trik Menghemat Uang Saat Belanja Online

21 Agustus 2021 13:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Rizky C. Septania

Inilah Trik Menghemat Uang Saat Belanja Online (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

JAKARTA - Belanja online merupakan salah satu cara berbelanja yang mudah, cepat, nyaman, serta aman apalagi saat pandemi COVID-19 saat ini. Belanja online memang lebih praktis dan cepat, tetapi bisa lebih mahal.

Untungnya, ada berbagai trik yang dapat Anda gunakan untuk memangkas biaya saat belanja online. Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

1. Berburu Kupon atau Voucher

Saat Anda berbelanja online, Anda bisa berburu kupon atau voucher yang sering tersedia di e-commerce. Voucher tersebut bisa menyediakan potongan ongkos kirim atau penawaran cashback. Oleh karena itu, tak jarang saat event-event tertentu seperti Harbolnas yang membuat banyak orang melakukan belanja online karena banyak diskon, potongan ongkos kirim, atau cashback.

2. Gunakan Media Sosial

Di media sosial, terkadang ada banyak orang atau influencer yang menyediakan kode referral tertentu yang menyediakan diskon atau potongan yang bisa Anda gunakan untuk membeli barang tersebut.

3. Bandingkan Harga Produk yang Dijual di Online dan di Toko 

Jika memungkinkan, bandingkan harga produk yang dijual di toko online dan di toko seperti biasa. Pada umumnya, harganya tidak selalu sama, dan harga produk di toko online biasanya lebih mahal.

4. Bandingkan Harga Produk Antar Toko

Saat Anda ingin membeli produk tertentu di toko online, sebaiknya Anda selalu cermat untuk membandingkan harga antara satu toko dengan toko lainnya. Pertimbangkan juga ongkos kirim yang harus Anda bayarkan saat memilih membeli produk dari suatu toko online.

5. Periksa Kebijakan Pengembalian Barang  

Beberapa penjual toko terkadang menawarkan pengiriman pengembalian secara gratis. Ada juga yang memiliki kebijakan seperti Anda harus memvideokan dulu saat unboxing paket Anda setelah diterima. Oleh karena itu, mengetahui kebijakan pengembalian akan membantu Anda menghemat uang jika Anda tidak puas dengan barang yang Anda terima.

Berita Terkait