Inilah Tren Hobi yang Muncul Selama Pandemi COVID-19

26 Desember 2021 05:00 WIB

Penulis: Justina Nur Landhiani

Editor: Vega Aulia

Inilah Tren Hobi yang Muncul Selama Pandemi COVID-19 (Freepik.com)

JAKARTA - Pandemi COVID-19 yang mulai merebak awal tahun 2020 dan masih berlangsung hingga akhir tahun 2021 ini membuat banyak orang harus mengubah kebiasaannya. Banyak orang yang terpaksa menjalani kehidupan sehari-hari di rumah untuk menghindari terpapar dari virus COVID-19. 

Akan tetapi, hal ini bisa membuat jenuh dan bosan. Oleh karena itu tidak jarang banyak orang yang mulai melakukan berbagai hobi yang justru jadi tren selama masa pandemi COVID-19 ini.

Beberapa tren hobi selama pandemi COVID-19 ini muncul karena jenuh dengan aktivitas yang monoton saat di rumah. Ada juga yang melakukan hobi yang dapat sekaligus menambah pemasukan. Berikut beberapa tren hobi yang muncul selama pandemi COVID-19.

Berkebun

Anda tentu sering melihat di media sosial banyak orang yang mulai berkebun saat pandemi COVID-19. Mungkin hal ini disebabkan karena anjuran untuk beraktivitas di rumah saja membuat banyak orang jenuh. 

Oleh karena itu banyak yang beralih dengan menekuni hobi seperti berkebun dengan menanam tanaman hias. Selain tetap membuat tubuh aktif, berkebun juga dapat menjaga kesehatan fisik dan mental.

Berolahraga

Saat pandemi COVID-19, banyak pusat kebugaran seperti gym yang ditutup karena ventilasinya cenderung kurang baik, tertutup dan berisiko tinggi untuk membuat pengunjungnya terpapar COVID-19. 

Oleh karena itu, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan aktif, banyak orang yang mulai berolahraga di rumah. Tidak jarang, banyak juga yang menekuni hobi berolahraga seperti bersepeda.

Memasak

Media sosial seperti TikTok dan Instagram ramai dengan berbagai tutorial memasak. Bahkan saat awal pandemi COVID-19, ada tren di media sosial untuk membuat minuman dalgona. Selain itu, saat pembatasan dilakukan, banyak orang yang tidak bisa mengonsumsi makanan kesukaannya lagi. 

Oleh karena itu, banyak yang mulai mencoba membuat sendiri makanan kesukaannya tersebut bahkan bisa dijual kembali yang tentunya memberikan pemasukan lebih saat pandemi.

Membuat Kerajinan Tangan

Saat awal pandemi COVID-19, banyak masker medis yang habis di pasaran. Selain itu, harga masker medis juga menjadi melambung tinggi. 

Oleh karena itu, hal ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membuat masker kain yang nantinya bisa digunakan sebagai alternatif dari masker medis. Tidak hanya itu, banyak juga yang membuat aksesori masker seperti strap mask yang bisa dijual.

Memiliki Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres dan penat saat harus di rumah saja karena pandemi COVID-19. Beberapa waktu lalu banyak yang mulai hobi memelihara ikan cupang.

Itu tadi beberapa tren hobi yang sering dilakukan oleh banyak orang selama pandemi COVID-19. 

Berita Terkait